KISI-KISI TES SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER
NAMA SEKOLAH : SDN 11
WATAMPONE
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : IV / GENAP
JUMLAH
SOAL : 25 (PG, ISIAN, URAIAN)
ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
STANDAR KOMPETENSI
|
:
|
5. MENJUMLAHKAN DAN
MENGURANGKAN BILANGAN BULAT
|
|
|
6. MENGGUNAKAN PECAHAN
DALAM PEMECAHAN MASALAH
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
RUMUSAN SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BOBOT S0AL
|
||||||||||||||||||||||||||||
1.
|
5.1.
Mengurutkan bilangan bulat
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.1.1 Membaca dan menu-lis bilangan bulat positif dan
negatif
|
Bilangan
bulat
|
-
Peserta didik
mampu mem-baca
bilangan genap positif.
|
1.
56 dibaca …...
a.
Negatif lima puluh enam
b.
Negatif enam puluh lima
c.
Positif lima puluh enam
d.
Positif enam puluh lima
|
PG
|
1
|
C
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
- Peserta didik mampu mem-baca
bilangan negatif.
|
2.
-32 dibaca ……
a.
Negatif tiga puluh dua
b.
Positif dua puluh tiga
c.
Negatif dua puluh tiga
d.
Positif tiga puluh dua
|
PG
|
2
|
A
|
1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
-
Peserta didik mampu mem-baca bilangan positif.
|
16.
48
dibaca …..
|
ISIAN
|
16
|
Positif empat puluh delapan
|
1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
-
Peserta didik mampu menulis bilangan bulat positif.
|
3.
Jika ditulis lambang bilangan
positif enam puluh tujuh adalah ……
a.
76
c. -76
b.
-67
d. 67
|
PG
|
3
|
D
|
1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
- Peserta didik mampu menulis bilangan bulat negatif.
|
4.
Jika ditulis lambang bilangan
negatif empat puluh dua
adalah …..
a.
24
c. 42
b.
-42
d. -24
|
PG
|
4
|
B
|
1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.1.2 Menentukan letak bilangan bulat dalam
garis bilangan.
|
Bilangan
bulat
|
-
Peserta didik mampu menen-tukan letak bilangan bulat
negatif dalam garis bilangan.
|
5.
Lima satuan kekiri dari nol adalah …..
a.
-5 c. 10
b.
5 d. -10
|
PG
|
5
|
A
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.1.3
Mengurutkan bila-ngan bulat dari yang terkecil atau dari yang terbesar.
|
Bilangan
bulat
|
-
Peserta didik mampu mengu-rutkan bilangan bulat dari yang terkecil.
|
6.
Urutan bilangan bulat berikut mulai
dari yang terkecil adalah …...
a.
3, -1, 4, -5, 2
b.
-5, -1, 2, 3, 4
c.
4, 3, 2, -1, -5
d.
2, -5, 4, -1, 3
21.
Urutkanlah
bilangan bulat berikut dari yang terkecil ! -2, 6, -4, 7,
-7
|
PG
URAIAN
|
6
21
|
B
-4, -2, -1, 6, 7
|
1
5
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
-
Peserta didik mampu mengu-rutkan bilangan bulat dari yang terbesar.
|
7.
Urutan bilangan bulat berikut mulai
dari yang terbesar adalah …...
a.
-3, 7, -5, 4, -8
b.
-8, 4, -5, 7, -3
c.
7, 4, -3, -5, -8
d.
-8, -5, -3, 4, 7
|
PG
|
7
|
C
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
2.
|
5.2.
Menjumlahkan bilangan
bulat
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.2.1
Menjumlahkan bila-ngan bulat positif
dengan bilangan bulat positif menggunakan garis bilangan.
|
Operasi hitung bilangan
bulat
|
-
Peserta didik mampu menjum-lahkan bilangan bulat positif dengan bila-ngan bulat positif menggunakan
garis bilangan.
|
8.
-1
0 1 2
3 4 5
6 7
Kalimat matematika dari diagram panah
diatas adalah …..
a.
-2 + 5 = 7
b.
5 + 2 = 7
c.
2 + 5 = 7
d.
-5 + 2 = 7
|
PG
|
8
|
C
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.2.2
Menjumlahkan bilangan bulat negatif
dengan bi-langan bulat negatif menggunakan garis bilangan.
|
Operasi hitung bilangan
bulat
|
-
Peserta didik mampu menjum-lahkan bilangan bulat negatif dengan
bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan.
|
9.
-7 -6
-5 -4 -3
-2 -1 0
1
a.
-2 + 5 = 9
b.
7 + 2 = 9
c.
2 + -7 = 9
d.
-5 + -2 = -7
|
PG
|
9
|
D
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.2.3
Menjumlahkan bilangan bulat positif
dengan bilangan bulat negatif
menggunakan garis bila-ngan.
|
Operasi
hitung bilangan bulat
|
-
Peserta didik mampu menjum-lahkan bilangan bulat positif dengan bila-ngan
bulat negatif menggunakan garis bilangan.
|
22. Gambarkanlah
diagram panah dari kalimat matematika berikut !
10 + (-3) = n
|
URAIAN
|
|
n = 7
-1 0
1
2 3 4
5 6 7
8 9
10
|
5
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
3.
|
5.3.
Mengurangkan
bilangan bulat
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.3.1
Menuliskan kalimat pernyataan pengura-ngan ke bentuk pen-jumlahan.
|
Operasi
hitung bilangan bulat
|
-
Peserta didik mampu menulis-kan pernyataan pengurangan ke bentuk
penjumlahan.
|
17.
6
– 4 = …..
Jika
diubah dalam bentuk penjumlahan maka
6 + …. = 2
|
ISIAN
|
17
|
-4
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.3.2.
Mengurangkan bila-ngan bulat positif dengan bilangan bulat positif
menggunakan garis bilangan.
|
Operasi
hitung
|
-
Peserta didik mampu mengu-rangkan bilangan bulat positif dengan
bilangan bulat positif menggunakan garis bilangan.
|
10. 7
– 10 = n
Nilai n dengan menggunakan diagram
panah yang benar adalah ……
a.
b.
c.
d.
|
PG
|
10
|
B
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
4.
|
5.4.
Melakukan operasi
hitung campuran.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.4.1
Menentukan hasil operasi hitung bila-ngan bulat yang melibatkan operasi hitung (penjumlahan dan
pengurangan).
|
Operasi
Hitung Campuran Bilangan bulat.
|
-
Peserta didik mampu menentukan
hasil operasi hitung bilangan bulat
yang melibatkan operasi hitung
(penjumlahan dan pengura-ngan).
|
11. Hasil
dari 5 – 7 + 3 = ….
|
ISIAN
|
11
|
1
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
5.4.2
Menentukan hasil operasi hitung
bila-ngan bulat yang melibatkan tiga
jenis operasi hitung.
|
Operasi
Hitung Campuran Bilangan bulat.
|
-
Peserta didik mampu menen-tukan
hasil operasi hitung bilangan bulat
yang melibat-kan tiga jenis operasi hitung.
|
23.
Tentukanlah hasil dari (-15) x 4 + 80
– 15 !
|
URAIAN
|
23
|
(-15) x 4 + 80 – 15 = …
-60 + 80 – 15 = …
20 – 15 = 5
|
5
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
5.
|
6.1.
Menjelaskan arti
pecahan dan uru-tannya.
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
6.1.1
Menyatakan beberapa bagian dari keseluru- han bentuk pecahan
|
Bilangan pecahan dan lambing-nya.
|
-
Peserta didik mampu menyatakan beberapa
bagian dari keseluruhan bentuk pecahan.
|
12.
18.
Nilai pecahan
dari gambar diatas adalah ….
|
ISIAN
ISIAN
|
12
18
|
2
4
2
6
|
1
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
6.1.2
Menentukan letak pecahan garis bilangan.
|
|
-
Peserta didik mampu me-nentukan
letak pecahan garis bilangan.
|
19.
0, 1,
2, 3, 4,
5, . . ., 7
6 6
6 6 6
6
|
ISIAN
|
19
|
1
|
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
6.1.3
Mengurutkan pecahan yang berpenyebut sama.
|
|
-
Peserta didik mampu mengu-rutkan
pecahan yang berpe-nyebut sama.
|
24. Urutkanlah
pecahan berikut dari yang terkecil !
0, 1, 2, 4, 6, 7, 5, 3
11 11
11 11 11
11 11
|
URAIAN
|
24
|
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
11
11 11 11
11 11 11
|
5
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
6.1.4
Mengurutkan peca-han yang berpenye-but tidak sama.
|
|
-
Peserta didik mampu mengu-rutkan
pecahan yang berpe-nyebut tidak sama.
|
25. Urutkanlah
pecahan berikut dari yang terbesar !
1, 1, 1, 1
12
6 4 2
|
URAIAN
|
25
|
1, 1, 1, 1
2 4
6 12
|
5
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
6.
|
6.2.
Menyederhanakan berbagai bentuk pecahan.
|
|
-
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
6.2.1. Menentukan pecahan yang senilai
|
Menyederhanakan pecahan
|
-
Peserta didik mampu menen-tukan pecahan yang senilai.
|
13.
4
senilai dengan ……
5
20.
7 senilai dengan . . .
8
|
ISIAN
ISIAN
|
13
20
|
8
10
14
16
|
1
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
6.2.2
Melakukan penyeder-hanaan pecahan.
|
Menyederhanakan
pecahan
|
-
Peserta didik mampu melaku-kan
penyederhanaan pecahan.
|
14.
Pecahan
sederhana dari 6 adalah …..
12
15.
Pecahan
sederhana dari 8 adalah ….
24
|
ISIAN
ISIAN
|
14
15
|
1
2
1
3
|
1
1
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
ANDI DARNAWATI, S. Pd
NIP : 19711028 199803 2 011
|
|
Watampone, ……………………………… 2016
Guru Kelas
ANDI SIMPURU, S. Pd
NIP: 19661231 198611 2 027
|
No comments:
Post a Comment