Tuesday, 19 December 2017

KISI-KISI TES SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER perbaikan

KISI-KISI TES SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                
NAMA SEKOLAH                      : SDN 11 WATAMPONE
MATA PELAJARAN                            : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER                     : IV / GENAP
JUMLAH SOAL                          : 25 (PG, ISIAN, URAIAN)
ALOKASI WAKTU                     : 90 MENIT
STANDAR KOMPETENSI
 :
5.    MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BILANGAN BULAT


6.    MENGGUNAKAN PECAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH

NO
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
RUMUSAN SOAL
BENTUK
 SOAL
NOMOR
SOAL
KUNCI JAWABAN
BOBOT S0AL
1.
5.1.         Mengurutkan bilangan bulat

















5.1.1      Membaca dan menu-lis bilangan bulat positif dan negatif
Bilangan bulat
-     Peserta didik mampu mem-baca bilangan genap  positif.

1.        56 dibaca …...
a.        Negatif lima puluh enam
b.        Negatif enam puluh lima
c.        Positif lima puluh enam
d.        Positif enam puluh lima

PG
1
C
1
-     Peserta didik mampu mem-baca bilangan  negatif.

2.        -32 dibaca ……
a.        Negatif tiga puluh dua
b.        Positif dua puluh tiga
c.        Negatif dua puluh tiga
d.        Positif tiga puluh dua
PG
2
A
1
-     Peserta didik mampu mem-baca bilangan  positif.
16.     48 dibaca …..

ISIAN
16
Positif empat puluh delapan
1
-     Peserta didik mampu menulis bilangan  bulat  positif.

3.        Jika ditulis lambang bilangan positif  enam puluh tujuh adalah ……
a.        76                    c.    -76
b.        -67                   d.     67
PG
3
D
1
-     Peserta didik mampu menulis bilangan  bulat negatif.
4.        Jika ditulis lambang bilangan negatif  empat  puluh dua  adalah …..
a.        24                      c.     42
b.        -42                     d.    -24
PG
4
B
1










5.1.2      Menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
Bilangan bulat
-     Peserta didik mampu menen-tukan letak bilangan bulat negatif dalam garis bilangan.
5.        Lima satuan kekiri dari nol  adalah …..
a.        -5                        c.    10
b.        5                         d.    -10

PG
5
A
1










5.1.3      Mengurutkan bila-ngan bulat dari yang terkecil atau dari yang  terbesar.
Bilangan bulat
-     Peserta didik mampu mengu-rutkan bilangan bulat dari yang  terkecil.
6.        Urutan bilangan bulat berikut mulai dari yang terkecil adalah …...
a.        3, -1, 4, -5, 2
b.        -5, -1, 2, 3, 4
c.        4, 3, 2, -1, -5
d.        2, -5, 4, -1, 3

21.     Urutkanlah bilangan bulat berikut dari yang terkecil !    -2, 6, -4, 7, -7
PG



URAIAN
6




21
B





-4, -2, -1, 6, 7
1





5












-     Peserta didik mampu mengu-rutkan bilangan bulat dari yang  terbesar.
7.        Urutan bilangan bulat berikut mulai dari yang terbesar adalah …...
a.        -3, 7, -5, 4, -8
b.        -8, 4, -5, 7, -3
c.        7, 4, -3, -5, -8
d.        -8, -5, -3, 4, 7
PG
7
C
1









2.
5.2.         Menjumlahkan bilangan bulat

















5.2.1      Menjumlahkan bila-ngan bulat positif  dengan bilangan bulat positif menggunakan garis bilangan.
Operasi hitung bilangan bulat
-     Peserta didik mampu menjum-lahkan bilangan bulat positif  dengan bila-ngan bulat positif menggunakan garis bilangan.
8.       

















       -1     0       1      2       3       4       5       6       7      
Kalimat matematika dari diagram panah diatas adalah …..
a.        -2 + 5 = 7
b.        5 + 2 = 7
c.        2 + 5 = 7
d.        -5 + 2 = 7
PG
8
C
1



-      






5.2.2      Menjumlahkan bilangan bulat negatif  dengan bi-langan bulat negatif menggunakan garis bilangan.
Operasi hitung bilangan bulat
-     Peserta didik mampu menjum-lahkan bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan.
9.       
           -7   -6      -5     -4      -3     -2      -1       0       1     
















Kalimat matematika dari diagram panah diatas adalah …..
a.        -2 + 5 = 9
b.        7 + 2 = 9
c.        2 + -7 = 9
d.        -5 + -2 = -7
PG
9
D
1



-      






5.2.3      Menjumlahkan bilangan bulat positif  dengan bilangan bulat negatif  menggunakan garis bila-ngan.
Operasi hitung bilangan bulat
-     Peserta didik mampu menjum-lahkan bilangan bulat positif dengan bila-ngan bulat negatif menggunakan garis bilangan.
22.     Gambarkanlah diagram panah dari kalimat matematika berikut !
10 + (-3) = n

URAIAN
22
     n = 7
             10                        -3




























-1      0      1       2      3      4       5       6     7       8      9     10                                                 


5









3.
5.3.         Mengurangkan bilangan bulat










-      






5.3.1      Menuliskan kalimat pernyataan pengura-ngan ke bentuk  pen-jumlahan.
Operasi hitung bilangan bulat
-     Peserta didik mampu menulis-kan pernyataan pengurangan  ke bentuk  penjumlahan.
17.     6 – 4 = …..
Jika diubah dalam bentuk penjumlahan maka
 6 + …. = 2

ISIAN
17
-4
1










5.3.2.     Mengurangkan bila-ngan bulat positif dengan bilangan bulat positif menggunakan garis bilangan.
Operasi hitung
-     Peserta didik mampu mengu-rangkan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat positif menggunakan garis bilangan.
10.     7 – 10 = n
Nilai n dengan menggunakan diagram panah yang benar adalah ……


a.         



b.         


c.         



d.         






PG




10




B




1









4.
5.4.         Melakukan operasi hitung campuran.

















5.4.1      Menentukan hasil operasi hitung bila-ngan bulat yang  melibatkan operasi hitung (penjumlahan dan pengurangan).
Operasi Hitung Campuran Bilangan bulat.
-     Peserta didik mampu  menentukan hasil operasi  hitung bilangan bulat yang  melibatkan operasi hitung (penjumlahan dan pengura-ngan).
11.     Hasil dari 5 – 7 + 3 = ….

ISIAN
11
1
1










5.4.2      Menentukan hasil operasi  hitung bila-ngan bulat yang  melibatkan tiga jenis operasi hitung.
Operasi Hitung Campuran Bilangan bulat.
-     Peserta didik mampu  menen-tukan hasil operasi  hitung bilangan bulat yang  melibat-kan  tiga jenis operasi hitung.
23.     Tentukanlah hasil dari (-15) x 4 + 80 – 15 !

URAIAN
23
(-15) x 4 + 80 – 15 = …
-60 + 80 – 15 = …
20 – 15 = 5
5









5.
6.1.         Menjelaskan arti pecahan dan uru-tannya.

















6.1.1      Menyatakan beberapa bagian dari keseluru- han bentuk pecahan
Bilangan pecahan dan lambing-nya.
-     Peserta didik mampu menyatakan beberapa  bagian dari keseluruhan bentuk pecahan.
12.      




Nilai pecahan dari gambar diatas adalah ……


18.      








Nilai pecahan dari gambar diatas adalah ….

ISIAN








ISIAN
12








18
2
4








2
6
1








1










6.1.2      Menentukan letak pecahan garis bilangan.

-     Peserta didik mampu  me-nentukan letak pecahan garis bilangan.
19.      0,  12345,  . . .,  7
              6   6   6    6   6           6

ISIAN
19
1
1










6.1.3      Mengurutkan pecahan yang berpenyebut sama.

-     Peserta didik mampu  mengu-rutkan pecahan yang berpe-nyebut sama.
24.     Urutkanlah pecahan berikut dari yang terkecil !
        0,   1,    2,    4,    6,    7,    5,    3
             11   11   11   11   11   11   11

URAIAN
24

0,    1,    2,    3,    4,    5,    6,    7
       11   11   11    11   11   11    11

5










6.1.4      Mengurutkan peca-han yang  berpenye-but  tidak sama.

-     Peserta didik mampu  mengu-rutkan pecahan yang berpe-nyebut tidak sama.
25.     Urutkanlah pecahan berikut dari yang terbesar !
         1,    1,    1,    1
         12   6     4     2

URAIAN
25

1,    1,    1,    1
2     4     6    12

5









6.
6.2.         Menyederhanakan  berbagai bentuk pecahan.

-      















6.2.1.     Menentukan pecahan yang senilai
Menyederhanakan pecahan
-     Peserta didik mampu menen-tukan pecahan yang senilai.
13.     4   senilai dengan ……
5


20.     7 senilai dengan . . .
        8
ISIAN


ISIAN
13


20

8
10


14
16
1



1










6.2.2      Melakukan penyeder-hanaan pecahan.
Menyederhanakan pecahan
-     Peserta didik mampu  melaku-kan penyederhanaan pecahan.
14.     Pecahan sederhana dari  6   adalah …..
                                                12

                            
15.     Pecahan sederhana dari  8   adalah ….
                                       24
ISIAN


ISIAN
14


15
1
2

1
3
1


1




Mengetahui
Kepala Sekolah





ANDI DARNAWATI, S. Pd
NIP : 19711028 199803 2 011


Watampone, ……………………………… 2016
Guru Kelas





ANDI  SIMPURU, S. Pd
NIP: 19661231 198611 2 027





No comments:

Post a Comment