BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Era
perkembangan teknologi masa kini mempengaruhi setiap bidang kehidupan. Aspek
teknologi telah digabungkan dalam kurikulum sekolah sebagai satu daya usaha ke
arah menyemai dan memupuk minat serta sikap yang positif terhadap perkembangan
teknologi. Dewasa
ini, manusia dituntut untuk menguasai dan memanfaatkan komputer dalam berbagai
hal, tidak hanya sebatas untuk mengolah data, bermain game, maupun yang
lainnya. Teknologi komputer sudah sangat maju, dari generasi ke generasi.
Komputer sekarang, lebih kompleks dan lebih mudah untuk digunakan, tidak ada
hambatan berarti bagi yang benar-benar ingin memanfaatkan komputer.
Dalam kehidupan, manusia tidak lepas dari
teknologi. Semakin berkembangnya zaman maka berkembang pula akal manusia
sehingga dapat mengembangkan teknologi untuk membantu meringankan pekerjaan
manusia sehingga jika dikerjakan dengan menggunakan teknologi akan menjadi jauh
lebih mudah. Saat ini teknologi yang sedang digemari oleh berbagai kalangan
adalah komputer. Komputer merupakan teknologi yang mudah berkembang dan banyak
alat elektronik menggunakan teknologi komputer di dalamnya.
Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua
tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengan
kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang
manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus
mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral
kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran
ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah
definisi dari komputer?
2.
Bagaimanakah
klasifikasi komputer?
3.
Bagaimanakah
komputer mempengaruhi kehidupan manusia?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk
mengetahui definisi dari komputer.
2.
Untuk
mengetahui klasifikasi komputer.
3.
Untuk
mengetahui pengaruh komputer terhadap aktivitas manusia.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Komputer
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara luas,
Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri
dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan
yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang
ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU,
Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap
dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar
monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi
seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah
"yang memproses informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
Saat ini, komputer
sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih,
sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam
sejarah komputer.
Komputer digolongkan atas berbagai
klasifikasi, tergantung dari sudut mana kita meninjaunya.
1.
Menurut ukuran bobotnya
Menurut ukuran bobotnya, komputer
dapat digolongkan atas empat jenis, yakni:
a.
Komputer rangka besar
atau komputer skala besar (mainframe computer).
b.
Komputer mini atau
komputer skala menengah.
c.
Komputer mikro atau
komputer pribadi (persinal computer, disingkat dengan PC). Komputer ini
juga disebut juga dengan komputer desktop, karena bisa menjadi alat
perlengkapan meja kerja.
d.
Komputer portabel,
atau komputer yang dapat dibawa-bawa.
2. Menurut kemampuan kerjanya
Menurut kemampuan kerjanya, komoputer dapat digolongkan atas
tiga bagian besar, yakni:
a.
Komputer super atau
super komputer, dengan keceatan yang sangat tinggi. Komputer ini umumnya
dipakai pada bidang sains dan teknologi yang memerlukan perhitungan-perhitungan
yang sangat rumit, seperti matrix dan vektor. Salah seorang tokoh dalam
pembuatan superkomputer ini ialah Seymour
Cray yang mendirikan Cray Research, Inc., ditahun 1972. Unjuk
kerja superkomputer ini diukur dengan satuan FLOP (floating point operations
per second).
b.
Komputer rangka besar
(mainframe) yang kecepatan dan kemampuan kerjanya di bawah kemampuan
komputer super. Sering juga disebut dengan komputer skala besar. Contoh yang
tergolong dalam kelas ini ialah IBM seri 3090, IBM 4381, VAX 600 dari DEC,
UNISYS, NRC, dan BULL.
c.
Komputer mini,
kecepatannya lebih rendah dari komputer mainframe, namun masih bisa
dipakai secara time-sharing dan multitasking. Komputer mini atau
mini komputer ini sering juga disebut dengan komputer skala menengah. Contoh
yang termasuk ke dalam skala ini ialah IBM AS/400, VAX 300 dan VAX 3500 dari
DEC, WANG, HP, IBM S/36, Data General (DG) ICL, NRC, NEC, dan Honeywell Bull.
d.
Komputer mikro atau
mikrokomputer atau PC, dengan kecepatan dan kemampuan yang lebih rendah dari
yang di atas, meskipun hal ini sekarang menjadi
sangat relatif mengingat perkembangan tekhnologi
yang
begitu pesatnya.
3. Menurut jenis input/output sinyalnya
Menurut jenis input/output sinyalnya, komputer dapat
digolongkan pula atas tiga jenis, yakni:
a. Komputer analog adalah komputer yang bekerja
berdasarkan jenis data (input dan output) yang bersifat analog,
atau jenis data yang bersifat kontinum, seperti arus listrik, aliran air, dan
kecepatan udara. Komputer jenis ini banyak disunakan untuk alat-alat kontrol,
misalnya di pesawat udara, pada mesin dan alat-alat produksi, serta alat-alat
laboratorium.
b. Komputer digital adalah komputer yang bekerja untuk
jenis data yang digital, yang berupa karakter-karakter huruf, angka dan
karakter lain yang tidak bersifat kontinum.
c. Komputer hibrida adalah komputer yang dapat mengolah
data yang bersifat analog maupun digital, Jenis ini juga banyak digunakan untuk
alat-alat kontrol.
4. Berdasarkan generasinya
Cara lain untuk mengklasifikasikan komputer adalah
berdasarkan generasinya.
a. Komputer generasi pertama
Komputer generasi pertama adalah komputer-komputer
yang mula-mula sekali diciptakan. Komputer ini bekerja dengan peralatan tabung
vakum (vacuum tube) sebagai elemen utamanya, sehingga sangat lambat dan
terbatas sekali kemampuannya. Ukuran bobot sangat besar dan hanya orang-orang
tertentu saja yang dapat menggunakannya. Komoputer ini dibuat di akhir Perang
Dunia II dan merupakan komputer yang pertama sekali berhasil dibuat. Termasuk
ke dalam komputer ini adalah komputer Mark-1 (sebenarnya komputer ini belum
menggunakan tabung vakum, tetapi relay, sebuah alat elektromekanis) yang
diciptakan oleh Prof. Howard Aiken dari
Harvard University bekerja sama dengan insinyur-insinyur IBM
b. Komputer generasi kedua
Komputer generasi kedua sudah bekerja dengan lebih
baik , menggunakan transistor. Ditemukaknnya transistor di akhir tahun 1950-an,
bukan hanya mengakibatkan berkembang pesatnya teknologi elektronika, tetapi
sekaligus juga mengakibatkan perubahan besar pada komputer. Tabung vakum
menjadi kuno dan perannya digantikan oleh transistor. Hal ini mengakibatkan perlipatan
yang luar biasa pada kecepatan pengolahan da penurunan yang luar biasa dari
ukuran bobot komputer. Mesin-meesin seperti IBM 1401, honeywell 800, RCA 501
dan Sperry Rand Solid State 80, adalah kelompok yang menggunakan transistor
sebagai elemen elektronisnya.
c.
Komputer Generasi Ketiga
Pada
masa komputer generasi ketiga ini sistem operasi didominasi oleh UNIX dan
Windows. UNIX masih memenuhi pasaran untuk bidang komputer dengan spesifikasi
besar, tapi Windows lebih berkecimpung di bidang komputer kecil-kecil, atau
komputer kantor dan rumahan. Walaupun pada masa ini Windows masih berbasis text
dengan DOS (Disk Operating System) dan berkembang menjadi Windows 3.1.
yang masih sangat minim grafisnya dibandingkan dengan Apple Macinthos.
d.
Komputer generasi keempat
Komputer
generasi keempat adalah komputer-komputer yang menggunakan teknologi
mikroprosessor atau chip. Ditemukannya bahan semikonduktor mengakibatkan
pula perubahan besar pada komputer. Kecepatan dan kemampuan olah komputer
menjadi berlipat ganda pula dan ukuran bobot komputer semakin kecil. IBM
mengeluarkan seri 370-nya yang canggih dengan teknologi semikonduktor ini.
e.
Komputer Generasi kelima
Komputer
fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.
HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi
kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup
memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan
visual,
dan
belajar dari pengalamannya sendiri.
C.
Komputer Mempengaruhi
Aktivitas Manusia dalam Berbagai Aspek Kehidupan
1.
Bidang Pendidikan
Pemanfaatan komputer dalam bidang pendidikan sangatlah dipandang perlu
karena dengan media komputer guru atau penyelenggara pendidikan akan lebih mudah
menjalankan program-program yang telah ditetapkan. Adapun contoh pemanfaatan komputer dalam dunia
pendidikan adalah :
a.
Untuk membuat database, data siswa dan pegawai
b.
Untuk administrasi surat menyurat
c.
Untuk aplikasi perpustakaan elektronik
d.
Untuk menyusun administrasi perlengkapan pengajar seperti :
SILABUS, dan RPP
e.
Sebagai media pembelajaran, guna menyampaikan materi
pembelajaran, yaitu dengan membuat slide- slide menarik tentang materi
pembelajaran
f.
Menyusun anggaran dan belanja sekolah.
g.
Akses internet untuk menunjang proses pembelajaran, melalui
akses internet guru dan siswa dapat dengan mudah mencari informasi, ilmu atau
pun buku – buku yang telah disediakan di dunia maya seperti buku gratis dari
Departemen Pendidikan Nasional ( BSE ).
2.
Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan telah banyak menggunakan sistem komputernisasi
dalam menangani pasien. Bahkan saat ini telah bisa dilakukan operasi jarak jauh
melalui satelit, dimana dokter berada ditempat yang jauh dari pasiennya. Contoh
lain pemanfaatan komputer dalam dunia kesehatan adalah :
a.
Melakukan rotgen terhadap tubuh pasien sehingga dapat
diketahui apa penyakit dan penyebabnya.
b.
Diagnostik, terapi dan perawatan, monitoring status pasien
c.
Adminstrasi Rumah Sakit
d.
Data base karyawan Rumah Sakit
e.
Laboratorium analisis kesehatan, penelitian dalam bidang
kesehatan
f.
Penelitian dan pabrik Farmasi.
3.
Bidang Transportasi
Pada suatu bidang tertentu komputer membantu meningkatkan
efisiensi proses yang ada dan pada bidang lainnya mereka mendorong munculnya
inovasi baru. Banyak industri baru yang bermunculan karenanya.
Contoh
pemanfatan komputer dalam bidang transportasi :
a.
Mobil Pandai
Sekarang ini dalam
dunia transportasi telah dikembangkan suatu alat transportasi yang
dikendalikan oleh komputer berupa mikroprosessor. Mikroprosessor dimanfaatkan
untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan mobil. Misalnya
tahun 1985, Oldsmobile dari Amerika Serikat telah menerapkan sistem kendali
berbasis mikroprosessor yang mendapatkan masukan data dari berbagai sumber
seperti :
1)
Meter pompa injeksi (beban mesin)
2)
Alternator (putaran mesin per menit)
3)
Sistem pendinginan mesin
4)
Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan
pembuangan gas
5)
Gigi transmisi
Data
tersebut diolah oleh mikroprosessor untuk mengadakan tindakan pencegahan agar mesin tidak
terlalu panas, memantau putaran mesin, beban mesin dan penggunaan gigi
transmisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Bahkan sekarang ini telah
dikembangkan mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa perlu mengemudi ( auto
pilot ), prinsip kerjanya dengan menggunakan sensor terhadap jalan yang
dilaluinya, kemudian diolah pada mikroprosessor .
b.
Pendekatan Sistem Terintegrasi
Mobil Mark II
Continental dari Ford Motor Company memiliki CRT (Cathode Ray Tube) pada papan
kendalinya untuk menampilkan informasi
tentang temperatur, sisa bahan bakar, keterangan perjalanan (peta), waktu,
kalender, catatan perawatan dan kecepatan rata-rata dari kendaraan
c.
Informasi Perjalanan Beberapa jenis komputer yang khusus
dirancang untuk mengolah informasi perjalanan telah dimanfaatkan pada beberapa
jenis kendaraan. Informasi yang diolah meliputi konversi dari kilometer ke mil,
perkiraan jarak tempuh untuk bahan bakar yang ada dan kecepatan rata-rata
kendaraan.
d.
Diagnosis Kendaraan dan Perawatan
Cadillac produksi
tahun 1985 telah mampu untuk menampilkan sampai 43 jenis kerusakan pada sistem
kendaraan tersebut sehingga teknisi dapat memanfaatkan informasi ini untuk
mengarahkan proses perbaikan. Dampak negatifnya adalah hilangnya kesempatan
bengkel kecil karena tidak mampu untuk membeli perawatan diagnosis tersebut.
Sistem semacam ini terus dikembangkan dan mengarah pada sistem navigasi dengan
bantuan satelit bumi. Komputer menyimpan peta jalan dan membantu menentukan
posisi kendaraan pada suatu saat tertentu. Pengaturan jadwal dan jalur
penerbangan, pengaturan jadwal penerbangan dan transit diatur dengan komputer. Sistem
navigasi kapal laut, untuk menentukan posisi atau koordinat dan arah gerak
kapal laut.
sistem admenistasi
penjualan tiket di bandara, stasiun dan terminal bus.
Pengaturan lalu
lintas darat, sekarang ini telah dimanfaatkan pemasangan kamera CCTV untuk
memonitor keadan lalu lintas.
4.
Bidang Militer
Komputer sangat besar peranannya dalam dunia militer, Amerika
Serikat dan negara-negara maju lainnya telah lama menggunakan sistem komputer untuk
berperang dan juga untuk sistem persenjataannya.
Melalui informasi satelit dapat diketahui posisi bahkan kekuatan dari
tentara musuh, dengan komputer juga bisa dilakukan pengendalian terhadap rudal dari
jarak jauh. Melalui teknologi GPS dapat diketahui posisi musuh yang harus
diserang sehingga tidak terjadi kesalahan pengeboman terhadap pasilitas non
militer.
5.
Bidang Perbankan
Perbankkan mungkin dapat dikatakan sebagai lembaga yang
paling sering menggunakan sistem ckomputer. Dengan komputer para akuntan atau
pegawai yang bekerja di perbankan dapat melakukan perkerjaannya dengan mudah. Sistem transaksi
keuanganpun semakin mudah dengan adanya ATM yang memanfaatkan sistem komputer juga,
sehingga kita tidak perlu antri berlama-lama untuk melakukan transaksi
pengambilan uang ataupun transfer. misalkan Dengan syistem komputer akan lebih
mudah untuk melakukan pengiriman uang dari ataupun keluar negeri hanya dalam
hitungan menit saja. Penggunaan mesin pelayanan bank otomatis (Automatic Teller
Machine), terminal penjualan (Point Of Sell Terminals) dan komunikasi antar
komputer menghasilkan sistem pemindahan dana elektronik (Cash Less Society atau
masyarakat tanpa uang tunai). Keseluruhan sistem ini akan mengubah tata cara
kerja bank, pengecer, grosir dan pedagang.
6.
Bidang Industri
Dibidang indutrsi juga telah menggunakan sistem komputer diantaranya
untuk mengendalikan mesin – mesin industri, karena ada sebagian dari proses
industri yang tidak dapat dilakukan secara menual dengan tangan pekerja (
manusia ). Integrasi komputer dengan lengan elektromekanis untuk melaksanakan
tugas tertentu dalam jalur perakitan otomatis (otomasi industri). Robot sering
kali digunakan untuk bertugas pada daerah kerja yang berbahaya seperti
pengelasan, pengecatan, pekerjaan bawah laut, di tambang maupun di luar
angkasa.
7.
Bidang Komunikasi
Seperti kita ketahui komputer sangat besar pengaruhnya
dalam bidang komunikasi. Kita bisa melakukan komunikasi dengan orang yang
berada sangat jauh, antar pulau atau bahkan benua sekalipun, kita bisa
berkomunikasi face to face atau secara langsung dengan orang yang berada jauh
dibenua lain. Kita dapat mengirimkan surat dengan cepat dengan hanya memerlukan
waktu beberapa detik saja menggunakan e-mail.
8.
Bidang Geofisika Dan
Cuaca
Penggunaan
komputer
dalam bidang geofisika dan cuaca antara lain :
a.
Untuk menganalisis keadaan cuaca yang mungkin akan terjadi
pada suatu waktu pada suatu tempat
b.
Mengantisifasi kemungkinan terjadinya gempa
c.
Mengantisifasi kemungkinan terjadinya bencana di suatu tempat seperti banjir,
angin kencang dan lain-lain
d.
Dapat mengetahui kandungan alam atau kekayaan alam yang
mungkin berada di suatu tempat seperti keberadaan minyak bumi, batu bara ,
emas dan lain-lain.
9.
Bidang Konstruksi
Menggunakan komputer para sarjana konstruksi atau arsitek dapat mendesain
rancang bangun sebuah gedung dengan permodelan dan perhitungan yang akurat.
Pemanfaatan komputer dalam bidang konstruksi sejalan dengan berkembangnya
software-software
pendukung seperti Auto CAD, 3 DSMax,3DHome,untuk perhitungan dan analisis
kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan
bantuan komputer.
10. Bidang Perdagangan
Contoh pemanfaatan sederhana dari sistem perdagangan atau
transaksi barang saat ini adalah pemanfaatan komputer untuk pembayaran di
kasir, transaksi penjualan elektronik via internet atau toko online. Sistem pembayaran transaksi
perdagangan antar negara (ekspor dan impor),pengolahan
administrasi dan akuntansi laba rugi perusahaan.
11. Bidang Seni ( Film Dan Lagu )
Seniman memanfaatkan komputer untuk membuat film,seni grafis
dan musik. Synthesizers berbasis komputer memberikan peluang besar kepada
komposer yang mampu memanfaatkan untuk menghasilkan lagu-lagu dengan kualitas
tinggi. Pengaturan rekaman dan modifikasi suara sehinga menghasilkan suara yang
bagus dengan media komputer, mencetak lagu-lagu kedalam CD atau DVD perlu bantuan program komputer yang disebut dengan
buring atau pembakaran. Komputer juga digunakan untuk disain Grafis resolusi tinggi
dan pengolahan citra sehinga memungkinkan dibuatnya citra berkualitas tinggi
dengan efek 3 dimensi yang amat menarik, pembuatan animasi kartun, editing
adegan dalam film dan pembuatan efek-efek didunia akting seperti : pemain atau sang aktor dapat terbang ke
atas awan atau membuat efek bencana alam seperti efek-efek dalam film 2012
dimana sebuah pulau dibuat seolah-olah terangkat ke permukaan atau terbelah.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setelah kita mempelajari komputer
diberbagai bidang kehidupan kita dapat menyimpulkan penggunaan komputer tidak
hanya dikalangan mahasiswa atau pelajar saja, melainkan ibu rumah tangga
bahkan anak yang berusia 5 tahun saja sudah mulai untuk belajar komputer.
Kegunaan komputer semakin tahun semakin meningkat, baik yang hanya memanfaatkan
komputerisasinya saja atau yang sudah menghubungkan pada akses internet. Selain
itu komputer juga memiliki tata cara posisi yang benar ketika menggunakan
komputer, agar pengguna tidak cepat merasa lelah walaupun harus berjam-jam
berhadapan dengan komputer. Kesehatan
dalam penggunaan komputer juga harus lebih di perhatikan lagi karena banyak
sekali pengaruh yang disebabkan oleh komputer.
B.
Saran
Berdasarkan materi yang penulis bahas
di dalam makalah ini, maka saran bagi pembaca yang sangat tepat yaitu mulailah
mengenal komponen-komponen komputer dan pelajari segala macam software yang
tersedia di dalamnya, agar di kemudian hari kita dapat mengembangkannya menjadi
suatu informasi sangat bermanfaat bagi penerima informasi orang itu
sendiri. Maka dari itu mulailah kita belajar komputer dari sekarang agar kelak
di kehidupan yang akan datang kita tidak ketinggalan dengan yang namanya
teknologi.
DAFTAR PUSTAKA
Jack
Febrian, 2007. Kamus Komputer &
Teknologi Informasi, cetakan pertama,
Informatika, Bandung.
Rahmat
Rafiudin, 2005. IPv6 Addressing,
cetakan pertama, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Setiawan,
Wawan. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: UPI Press.
Tanenbaum,
Andrew.S. Jaringan Komputer. Jilid 1.
Prenhallindo. Jakarta.2007
Winarno
Sugeng , 2006. Jaringan Komputer dengan
TCP/IP, Cetakan Pertama, Informatika, Bandung.
|
MAKALAH
KOMPUTER DALAM MEMPENGARUHI
AKTIVITAS MANUSIA
Makalah
Ini Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok Pada
Mata
Kuliah Aplikasi Komputer Jurusan Tarbiyah Program Studi
Manajemen
Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Watampone
Disusun
Oleh :
UMI HANI
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
WATAMPONE
|
2014
KATA
PENGANTAR
Syukur alhamdulilah Penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada Penyusun, sehingga
Penyusun mampu menyusun dan menyelesaikan Makalah ini dengan baik tanpa
hambatan yang berarti.
Diadakan Tugas Penyusunan Makalah ini merupakan salah satu
tugas dari mata kuliah Aplikasi
Komputer. Pada kesempatan ini Penyusun mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini
yang tidak bisa penyusun sebutkan satu persatu.
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan makalah jauh
dari kesempurnaan, untuk itu Penyusun mohon maaf atas segala kekurangan dan
kesempurnaan Makalah ini.
Semoga Makalah ini bermanfaat bagi Penyusun pada khususnya,
dan bagi pembaca pada umumnya.
Watampone,
06 Juli 2014
|
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................................i
DAFTAR ISI ................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang...............................................................................................1
B.
Rumusan Masalah ........................................................................................2
C.
Tujuan
Penulisan...........................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Komputer…………………………………......…………...…...3
B.
Klasifikasi Komputer
………………..................................................................................4
C.
Komputer Mempengaruhi Aktivitas Manusia dalam Berbagai Aspek
Kehidupan.....................................................................................................8
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan............…………………………………………....………….17
B.
Saran………………..................…..…………………………….....……...17
DAFTAR PUSTAKA
|
No comments:
Post a Comment