Wednesday 20 December 2017

MAKALAH KOMPUTER DALAM MEMPENGARUHI AKTIVITAS MANUSIA

BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Era perkembangan teknologi masa kini mempengaruhi setiap bidang kehidupan. Aspek teknologi telah digabungkan dalam kurikulum sekolah sebagai satu daya usaha ke arah menyemai dan memupuk minat serta sikap yang positif terhadap perkembangan teknologi. Dewasa ini, manusia dituntut untuk menguasai dan memanfaatkan komputer dalam berbagai hal, tidak hanya sebatas untuk mengolah data, bermain game, maupun yang lainnya. Teknologi komputer sudah sangat maju, dari generasi ke generasi. Komputer sekarang, lebih kompleks dan lebih mudah untuk digunakan, tidak ada hambatan berarti bagi yang benar-benar ingin memanfaatkan komputer.
Dalam kehidupan, manusia tidak lepas dari teknologi. Semakin berkembangnya zaman maka berkembang pula akal manusia sehingga dapat mengembangkan teknologi untuk membantu meringankan pekerjaan manusia sehingga jika dikerjakan dengan menggunakan teknologi akan menjadi jauh lebih mudah. Saat ini teknologi yang sedang digemari oleh berbagai kalangan adalah komputer. Komputer merupakan teknologi yang mudah berkembang dan banyak alat elektronik menggunakan teknologi komputer di dalamnya.
Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia. 

B.        Rumusan Masalah
1.      Apakah definisi dari komputer?
2.      Bagaimanakah klasifikasi komputer?
3.      Bagaimanakah komputer mempengaruhi kehidupan manusia?

C.       Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui definisi dari komputer.
2.      Untuk mengetahui klasifikasi komputer.
3.      Untuk mengetahui pengaruh komputer terhadap aktivitas manusia.












 BAB II
PEMBAHASAN

A.       Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

B.        Klasifikasi Komputer
Komputer digolongkan atas berbagai klasifikasi, tergantung dari sudut mana kita meninjaunya.
1.      Menurut ukuran bobotnya
Menurut ukuran bobotnya, komputer dapat digolongkan atas empat jenis, yakni:
a.       Komputer rangka besar atau komputer skala besar (mainframe computer).
b.      Komputer mini atau komputer skala menengah.
c.       Komputer mikro atau komputer pribadi (persinal computer, disingkat dengan PC). Komputer ini juga disebut juga dengan komputer desktop, karena bisa menjadi alat perlengkapan meja kerja.
d.      Komputer portabel, atau komputer yang dapat dibawa-bawa.
2.      Menurut kemampuan kerjanya
Menurut kemampuan kerjanya, komoputer dapat digolongkan atas tiga bagian besar, yakni:
a.       Komputer super atau super komputer, dengan keceatan yang sangat tinggi. Komputer ini umumnya dipakai pada bidang sains dan teknologi yang memerlukan perhitungan-perhitungan yang sangat rumit, seperti matrix dan vektor. Salah seorang tokoh dalam pembuatan superkomputer ini ialah Seymour Cray yang mendirikan Cray Research, Inc., ditahun 1972. Unjuk kerja superkomputer ini diukur dengan satuan FLOP (floating point operations per second).
b.      Komputer rangka besar (mainframe) yang kecepatan dan kemampuan kerjanya di bawah kemampuan komputer super. Sering juga disebut dengan komputer skala besar. Contoh yang tergolong dalam kelas ini ialah IBM seri 3090, IBM 4381, VAX 600 dari DEC, UNISYS, NRC, dan BULL.
c.       Komputer mini, kecepatannya lebih rendah dari komputer mainframe, namun masih bisa dipakai secara time-sharing dan multitasking. Komputer mini atau mini komputer ini sering juga disebut dengan komputer skala menengah. Contoh yang termasuk ke dalam skala ini ialah IBM AS/400, VAX 300 dan VAX 3500 dari DEC, WANG, HP, IBM S/36, Data General (DG) ICL, NRC, NEC, dan Honeywell Bull.
d.      Komputer mikro atau mikrokomputer atau PC, dengan kecepatan dan kemampuan yang lebih rendah dari yang di atas, meskipun hal ini sekarang  menjadi  sangat  relatif  mengingat  perkembangan  tekhnologi
yang begitu pesatnya.
3.      Menurut jenis input/output sinyalnya
Menurut jenis input/output sinyalnya, komputer dapat digolongkan pula atas tiga jenis, yakni:
a.       Komputer analog adalah komputer yang bekerja berdasarkan jenis data (input dan output) yang bersifat analog, atau jenis data yang bersifat kontinum, seperti arus listrik, aliran air, dan kecepatan udara. Komputer jenis ini banyak disunakan untuk alat-alat kontrol, misalnya di pesawat udara, pada mesin dan alat-alat produksi, serta alat-alat laboratorium.
b.      Komputer digital adalah komputer yang bekerja untuk jenis data yang digital, yang berupa karakter-karakter huruf, angka dan karakter lain yang tidak bersifat kontinum.
c.       Komputer hibrida adalah komputer yang dapat mengolah data yang bersifat analog maupun digital, Jenis ini juga banyak digunakan untuk alat-alat kontrol.
4.      Berdasarkan generasinya
Cara lain untuk mengklasifikasikan komputer adalah berdasarkan generasinya.
a.       Komputer generasi pertama
Komputer generasi pertama adalah komputer-komputer yang mula-mula sekali diciptakan. Komputer ini bekerja dengan peralatan tabung vakum (vacuum tube) sebagai elemen utamanya, sehingga sangat lambat dan terbatas sekali kemampuannya. Ukuran bobot sangat besar dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menggunakannya. Komoputer ini dibuat di akhir Perang Dunia II dan merupakan komputer yang pertama sekali berhasil dibuat. Termasuk ke dalam komputer ini adalah komputer Mark-1 (sebenarnya komputer ini belum menggunakan tabung vakum, tetapi relay, sebuah alat elektromekanis) yang diciptakan oleh Prof. Howard Aiken dari Harvard University bekerja sama dengan insinyur-insinyur IBM
b.      Komputer generasi kedua
Komputer generasi kedua sudah bekerja dengan lebih baik , menggunakan transistor. Ditemukaknnya transistor di akhir tahun 1950-an, bukan hanya mengakibatkan berkembang pesatnya teknologi elektronika, tetapi sekaligus juga mengakibatkan perubahan besar pada komputer. Tabung vakum menjadi kuno dan perannya digantikan oleh transistor. Hal ini mengakibatkan perlipatan yang luar biasa pada kecepatan pengolahan da penurunan yang luar biasa dari ukuran bobot komputer. Mesin-meesin seperti IBM 1401, honeywell 800, RCA 501 dan Sperry Rand Solid State 80, adalah kelompok yang menggunakan transistor sebagai elemen elektronisnya.
c.       Komputer Generasi Ketiga
Pada masa komputer generasi ketiga ini sistem operasi didominasi oleh UNIX dan Windows. UNIX masih memenuhi pasaran untuk bidang komputer dengan spesifikasi besar, tapi Windows lebih berkecimpung di bidang komputer kecil-kecil, atau komputer kantor dan rumahan. Walaupun pada masa ini Windows masih berbasis text dengan DOS (Disk Operating System) dan berkembang menjadi Windows 3.1. yang masih sangat minim grafisnya dibandingkan dengan Apple Macinthos.
d.      Komputer generasi keempat
Komputer generasi keempat adalah komputer-komputer yang menggunakan teknologi mikroprosessor atau chip. Ditemukannya bahan semikonduktor mengakibatkan pula perubahan besar pada komputer. Kecepatan dan kemampuan olah komputer menjadi berlipat ganda pula dan ukuran bobot komputer semakin kecil. IBM mengeluarkan seri 370-nya yang canggih dengan teknologi semikonduktor ini.
e.       Komputer Generasi kelima
Komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual,
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
C.       Komputer Mempengaruhi Aktivitas Manusia dalam Berbagai Aspek Kehidupan
1.      Bidang Pendidikan
Pemanfaatan komputer dalam bidang pendidikan sangatlah dipandang perlu karena dengan media komputer guru atau penyelenggara pendidikan akan lebih mudah menjalankan program-program yang telah ditetapkan. Adapun contoh pemanfaatan komputer dalam dunia pendidikan adalah :
a.       Untuk membuat database, data siswa dan pegawai
b.      Untuk administrasi surat menyurat
c.       Untuk aplikasi perpustakaan elektronik
d.      Untuk menyusun administrasi perlengkapan pengajar seperti : SILABUS, dan RPP
e.       Sebagai media pembelajaran, guna menyampaikan materi pembelajaran, yaitu dengan membuat slide- slide menarik tentang materi pembelajaran
f.       Menyusun anggaran dan belanja sekolah.
g.      Akses internet untuk menunjang proses pembelajaran, melalui akses internet guru dan siswa dapat dengan mudah mencari informasi, ilmu atau pun buku – buku yang telah disediakan di dunia maya seperti buku gratis dari Departemen Pendidikan Nasional ( BSE ).
2.      Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan telah banyak menggunakan sistem komputernisasi dalam menangani pasien. Bahkan saat ini telah bisa dilakukan operasi jarak jauh melalui satelit, dimana dokter berada ditempat yang jauh dari pasiennya. Contoh lain pemanfaatan komputer dalam dunia kesehatan adalah :
a.       Melakukan rotgen terhadap tubuh pasien sehingga dapat diketahui apa penyakit dan penyebabnya.
b.      Diagnostik, terapi dan perawatan, monitoring status pasien
c.       Adminstrasi Rumah Sakit
d.      Data base karyawan Rumah Sakit
e.       Laboratorium analisis kesehatan, penelitian dalam bidang kesehatan
f.       Penelitian dan pabrik Farmasi.
3.      Bidang Transportasi
Pada suatu bidang tertentu komputer membantu meningkatkan efisiensi proses yang ada dan pada bidang lainnya mereka mendorong munculnya inovasi baru. Banyak industri baru yang bermunculan karenanya. Contoh pemanfatan komputer dalam bidang transportasi :
a.       Mobil Pandai
Sekarang ini dalam dunia transportasi telah dikembangkan suatu alat transportasi yang dikendalikan oleh komputer berupa mikroprosessor.  Mikroprosessor dimanfaatkan untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan mobil. Misalnya tahun 1985, Oldsmobile dari Amerika Serikat telah menerapkan sistem kendali berbasis mikroprosessor yang mendapatkan masukan data dari berbagai sumber seperti :
1)      Meter pompa injeksi (beban mesin)
2)      Alternator (putaran mesin per menit)
3)      Sistem pendinginan mesin
4)      Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuangan gas
5)      Gigi transmisi
Data tersebut diolah oleh mikroprosessor untuk mengadakan tindakan pencegahan agar mesin tidak terlalu panas, memantau putaran mesin, beban mesin dan penggunaan gigi transmisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Bahkan sekarang ini telah dikembangkan mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa perlu mengemudi ( auto pilot ), prinsip kerjanya dengan menggunakan sensor terhadap jalan yang dilaluinya, kemudian diolah pada mikroprosessor .
b.      Pendekatan Sistem Terintegrasi
Mobil Mark II Continental dari Ford Motor Company memiliki CRT (Cathode Ray Tube) pada papan kendalinya untuk menampilkan  informasi tentang temperatur, sisa bahan bakar, keterangan perjalanan (peta), waktu, kalender, catatan perawatan dan kecepatan rata-rata dari kendaraan
c.       Informasi Perjalanan Beberapa jenis komputer yang khusus dirancang untuk mengolah informasi perjalanan telah dimanfaatkan pada beberapa jenis kendaraan. Informasi yang diolah meliputi konversi dari kilometer ke mil, perkiraan jarak tempuh untuk bahan bakar yang ada dan kecepatan rata-rata kendaraan.
d.      Diagnosis Kendaraan dan Perawatan
Cadillac produksi tahun 1985 telah mampu untuk menampilkan sampai 43 jenis kerusakan pada sistem kendaraan tersebut sehingga teknisi dapat memanfaatkan informasi ini untuk mengarahkan proses perbaikan. Dampak negatifnya adalah hilangnya kesempatan bengkel kecil karena tidak mampu untuk membeli perawatan diagnosis tersebut. Sistem semacam ini terus dikembangkan dan mengarah pada sistem navigasi dengan bantuan satelit bumi. Komputer menyimpan peta jalan dan membantu menentukan posisi kendaraan pada suatu saat tertentu. Pengaturan jadwal dan jalur penerbangan, pengaturan jadwal penerbangan dan transit diatur dengan komputer. Sistem navigasi kapal laut, untuk menentukan posisi atau koordinat dan arah gerak kapal laut.
sistem admenistasi penjualan tiket di bandara, stasiun dan terminal bus.
Pengaturan lalu lintas darat, sekarang ini telah dimanfaatkan pemasangan kamera CCTV untuk memonitor keadan lalu lintas.
4.      Bidang Militer
Komputer sangat besar peranannya dalam dunia militer, Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya telah lama menggunakan sistem komputer untuk berperang dan juga untuk sistem persenjataannya. Melalui informasi satelit dapat diketahui posisi bahkan kekuatan dari tentara musuh, dengan komputer juga bisa dilakukan pengendalian terhadap rudal dari jarak jauh. Melalui teknologi GPS dapat diketahui posisi musuh yang harus diserang sehingga tidak terjadi kesalahan pengeboman terhadap pasilitas non militer.
5.      Bidang Perbankan
Perbankkan mungkin dapat dikatakan sebagai lembaga yang paling sering menggunakan sistem ckomputer. Dengan komputer para akuntan atau pegawai yang bekerja di perbankan dapat melakukan perkerjaannya dengan mudah.  Sistem transaksi keuanganpun semakin mudah dengan adanya ATM yang memanfaatkan sistem komputer juga, sehingga kita tidak perlu antri berlama-lama untuk melakukan transaksi pengambilan uang ataupun transfer. misalkan Dengan syistem komputer akan lebih mudah untuk melakukan pengiriman uang dari ataupun keluar negeri hanya dalam hitungan menit saja. Penggunaan mesin pelayanan bank otomatis (Automatic Teller Machine), terminal penjualan (Point Of Sell Terminals) dan komunikasi antar komputer menghasilkan sistem pemindahan dana elektronik (Cash Less Society atau masyarakat tanpa uang tunai). Keseluruhan sistem ini akan mengubah tata cara kerja bank, pengecer, grosir dan pedagang.
6.      Bidang Industri
Dibidang indutrsi juga telah menggunakan sistem komputer diantaranya untuk mengendalikan mesin – mesin industri, karena ada sebagian dari proses industri yang tidak dapat dilakukan secara menual dengan tangan pekerja ( manusia ). Integrasi komputer dengan lengan elektromekanis untuk melaksanakan tugas tertentu dalam jalur perakitan otomatis (otomasi industri). Robot sering kali digunakan untuk bertugas pada daerah kerja yang berbahaya seperti pengelasan, pengecatan, pekerjaan bawah laut, di tambang maupun di luar angkasa.
7.      Bidang Komunikasi
Seperti kita ketahui komputer sangat besar pengaruhnya dalam bidang komunikasi. Kita bisa melakukan komunikasi dengan orang yang berada sangat jauh, antar pulau atau bahkan benua sekalipun, kita bisa berkomunikasi face to face atau secara langsung dengan orang yang berada jauh dibenua lain. Kita dapat mengirimkan surat dengan cepat dengan hanya memerlukan waktu beberapa detik saja menggunakan e-mail.
8.      Bidang Geofisika Dan Cuaca
Penggunaan komputer dalam bidang geofisika dan cuaca antara lain :
a.       Untuk menganalisis keadaan cuaca yang mungkin akan terjadi pada suatu waktu pada suatu tempat
b.      Mengantisifasi kemungkinan terjadinya gempa
c.       Mengantisifasi kemungkinan terjadinya bencana di suatu tempat seperti banjir, angin kencang dan lain-lain
d.      Dapat mengetahui kandungan alam atau kekayaan alam yang mungkin berada di suatu tempat seperti keberadaan minyak bumi, batu bara , emas dan lain-lain.
9.      Bidang Konstruksi
Menggunakan komputer para sarjana konstruksi atau arsitek dapat mendesain rancang bangun sebuah gedung dengan permodelan dan perhitungan yang akurat. Pemanfaatan komputer dalam bidang konstruksi sejalan dengan berkembangnya software-software pendukung seperti Auto CAD, 3 DSMax,3DHome,untuk perhitungan dan analisis kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
10.  Bidang Perdagangan
Contoh pemanfaatan sederhana dari sistem perdagangan atau transaksi barang saat ini adalah pemanfaatan komputer untuk pembayaran di kasir, transaksi penjualan elektronik via internet atau toko online. Sistem pembayaran transaksi perdagangan antar negara (ekspor dan impor),pengolahan administrasi dan akuntansi laba rugi perusahaan.
11.  Bidang Seni ( Film Dan Lagu )
Seniman memanfaatkan komputer untuk membuat film,seni grafis dan musik. Synthesizers berbasis komputer memberikan peluang besar kepada komposer yang mampu memanfaatkan untuk menghasilkan lagu-lagu dengan kualitas tinggi. Pengaturan rekaman dan modifikasi suara sehinga menghasilkan suara yang bagus dengan media komputer, mencetak lagu-lagu kedalam CD atau DVD perlu bantuan program komputer yang disebut dengan buring atau pembakaran. Komputer juga digunakan untuk disain Grafis resolusi tinggi dan pengolahan citra sehinga memungkinkan dibuatnya citra berkualitas tinggi dengan efek 3 dimensi yang amat menarik, pembuatan animasi kartun, editing adegan dalam film dan pembuatan efek-efek didunia akting seperti : pemain atau sang aktor dapat terbang ke atas awan atau membuat efek bencana alam seperti efek-efek dalam film 2012 dimana sebuah pulau dibuat seolah-olah terangkat ke permukaan atau terbelah.




















BAB III
PENUTUP

A.       Kesimpulan
Setelah kita mempelajari komputer diberbagai bidang kehidupan kita dapat menyimpulkan penggunaan komputer tidak hanya dikalangan mahasiswa atau pelajar saja, melainkan ibu rumah tangga bahkan anak yang berusia 5 tahun saja sudah mulai untuk belajar komputer. Kegunaan komputer semakin tahun semakin meningkat, baik yang hanya memanfaatkan komputerisasinya saja atau yang sudah menghubungkan pada akses internet. Selain itu komputer juga memiliki tata cara posisi yang benar ketika menggunakan komputer, agar pengguna tidak cepat merasa lelah walaupun harus berjam-jam berhadapan dengan komputer. Kesehatan dalam penggunaan komputer juga harus lebih di perhatikan lagi karena banyak sekali pengaruh yang disebabkan oleh komputer.

B.        Saran
Berdasarkan materi yang penulis bahas di dalam makalah ini, maka saran bagi pembaca yang sangat tepat yaitu mulailah mengenal komponen-komponen komputer dan pelajari segala macam software yang tersedia di dalamnya, agar di kemudian hari kita dapat mengembangkannya menjadi suatu informasi sangat bermanfaat bagi penerima informasi orang itu sendiri. Maka dari itu mulailah kita belajar komputer dari sekarang agar kelak di kehidupan yang akan datang kita tidak ketinggalan dengan yang namanya teknologi.
DAFTAR PUSTAKA


Jack Febrian, 2007. Kamus Komputer & Teknologi Informasi, cetakan pertama,  Informatika, Bandung.

Rahmat Rafiudin, 2005. IPv6 Addressing, cetakan pertama, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Setiawan, Wawan. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: UPI Press.

Tanenbaum, Andrew.S. Jaringan Komputer. Jilid 1. Prenhallindo. Jakarta.2007

Winarno Sugeng , 2006. Jaringan Komputer dengan TCP/IP, Cetakan Pertama, Informatika, Bandung.




















 
 


MAKALAH

KOMPUTER DALAM MEMPENGARUHI
AKTIVITAS MANUSIA



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTJ4n6cb9bUT5LrudbHIXswoXJCK2GbhD8RJhJg8NmUtBiggcJOX0fcoH6GkOsy6GNLgtqNoKKrQrSUkZymcLOYyAfPgLhp1Dd6XNyNndpqQNhSMdW2yYaffdjiRgPAcZ6uWIyne0jwJk/s1600/STAIN-coq.bmp



Makalah Ini Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok Pada
Mata Kuliah Aplikasi Komputer Jurusan Tarbiyah Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama
 Islam Negeri (STAIN) Watampone



Disusun Oleh :
UMI HANI





SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
WATAMPONE

 
2014
KATA PENGANTAR
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQGU0vAqggIJt0UdI5YmR2Yn7fn4sD9Uh7U2d9fFnBHO0o4BptMWw

Syukur alhamdulilah Penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada Penyusun, sehingga Penyusun mampu menyusun dan menyelesaikan Makalah ini dengan baik tanpa hambatan yang berarti.
Diadakan Tugas Penyusunan Makalah ini merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Aplikasi Komputer.  Pada kesempatan ini Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini yang tidak bisa penyusun sebutkan satu persatu.
Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan makalah jauh dari kesempurnaan, untuk itu Penyusun mohon maaf atas segala kekurangan dan kesempurnaan Makalah ini.
Semoga Makalah ini bermanfaat bagi Penyusun pada khususnya, dan bagi pembaca pada umumnya.



Watampone, 06 Juli  2014
                                                 
i
 
                                                                                           Penyusun
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..................................................................................................i
DAFTAR ISI ................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A.       Latar belakang...............................................................................................1
B.        Rumusan Masalah  ........................................................................................2
C.        Tujuan Penulisan...........................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN
A.                Pengertian Komputer…………………………………......…………...…...3
B.                 Klasifikasi Komputer ………………..................................................................................4
C.                 Komputer Mempengaruhi Aktivitas Manusia dalam Berbagai Aspek
Kehidupan.....................................................................................................8
BAB III PENUTUP
A.       Kesimpulan............…………………………………………....………….17
B.        Saran………………..................…..…………………………….....……...17
DAFTAR PUSTAKA







ii
 
 

No comments:

Post a Comment