Wednesday 20 December 2017

RESENSI BUKU : PEMENANG DIATAS PEMENANG

Resensi Buku : PEMENANG DI ATAS PEMENANG
contoh resensi buku novel 

v Identitas Buku
Judul Buku                  : Pemenang Di Atas Pemenang
Pengarang                   : Ahmad Saiful Islam
Penerbit                       : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit                : 2013
Tebal   Halaman          : ix + 202 halaman

v Sinopsis Buku
Buku ini membahas tentang bagaimana seorang pemenang berpikir, bagaimana cara seorang pemenang beraksi, bagaimana cara seorang pemenang menyikapi keadaan di lingkungan sekitar. Dimana masyarakat harus dapat merubah mind set, tidak hanya yang kaya yang dapat berkuasa yang mempunyai harta dapat bebas membeli segalanya.
Namun masyarakat biasa bahkan kalangan bawah juga dapat menjadi penguasa yang mempunyai tahta dan harta. Karena dengan tekad dan usaha, kita dapat mencapai apa yang kita inginkan. Kita juga harus berfikir think out of the box . Jika seseorang ingin meraih kesuksesan penting untuknya keluar dari zona nyaman atau kebiasaan yang selalu dilakukan.
Dan tidak semua hal dipandang ketika telah menjadi sebuah hasil, kita juga memerlukan latihan. Latihan itu berupa proses menuju kesuksesan, tidak ada manusia yang secara tiba-tiba bisa menjadi sukses tanpa adanya proses perjalanan panjang kecuali mereka yang berlatar belakang mempunyai kekayaan berlebih.
Bayangkan saja jika seorang David Beckam yang sekarang telah sangat sukses dalam bidang olah raga sepak bola. Namun dia selalu melakukan Free Kick 700 kali per hari, proses itulah yang membuat dia menjadi pemain sepak bola hebat.
Untuk menuju kesuksesan seseorang dirasa memerlukan penasihat untuk dirinya, namun tidak semua nasihat baik dan harus kita ikuti. Kita sendiri juga harus pandai menyikapi hal ini. Apakah nasehat yang diberikan orang lain itu baik untuk diri kita sendiri atau malah lebih baik memilih keputusan terbaik sendiri tanpa nasehat orang lain?
Di zaman teknologi yang semakin menjamur ini mengharuskan kita untuk berpikir lebih cerdas dan kreatif. Bagaimana cara menyikapi persaingan teknologi yang ada di lingkungan sekitar. Tidak hanya kreativitas yang dapat dituntut dalam menyikapi hal tersebut namun sikap ikhlas membuat kreativitas semakin meningkat.
Ketika seseorang memulai sebuah perbuatan dengan ikhlas pasti akan ada penyelesaiannya. Di saat itu kita telah dapat menyikapi pertumbuhan dan perkembangan teknologi pada lingkungan sekitar. Kita pasti tahu kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk lingkungan sekitar. Setelah kita tahu apa kebutuhan tersebut tinggal bagaimana cara kita menyikapi hal tersebut dan mengembangkan ide untuk mengimplementasikannya.
Secara umum, buku ini membahas tentang dasar-dasar dari cara seseorang menjadi sukses. Mulai dari cara menyelesaikan permasalahan real pada kehidupan. Cakupan yang ada di dalam buku ini dapat diimplementasikan oleh semua kalangan mulai dari kalangan menengah kebawah, mahsiswa. Di Dunia ini ada banyak para pemenang namun masih banyak yang menjadi pemenang di atas para pemenang.
Pada bab tujuh ini anggaplah yang menjadi sebagai pemenang di atas pemenang itu ialah diri kita,
“Kalau Kita terlahir miskin bukan salah Kita, tapi kalau Kita mati miskin, itulah salah Kita”. So, Don’t give to live this life, there’s a will there’s a way .
Ingatlah bahwa Allah berfirman dalam QS.13; AL-RA’AD ayat 11:
“sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka.”

v Kekurangan Buku
Ada beberapa penggunaan kata yang kurang tepat contoh “saat saya usia 21 tahun” sebaiknya menjadi “ saat saya berusia 21 tahun atau saat usia saya 21 tahun”, ada juga beberapa bahasa yang kurang dimengerti dan tidak ada footnote/catatan kaki.
v Kelebihan Buku
Dapat memberikan motivasi kepada para pembaca, banyak gambar di dalam buku ini, covernya juga menarik minat pembaca,  kertas dan cetakannya bagus dan menarik.
v Kesimpulan

Saya yakin dan percaya dengan adanya buku ini mampu menyadarkan para pembaca untuk selalu berusaha menjadi pemenang di atas pemenang, dengan membaca buku ini, kita dapat berpikir ulang mengenai masa depan.

No comments:

Post a Comment