Wednesday 20 December 2017

Resensi buku Novel : 5 CM

Contoh Resensi Novel 5 CM

Resensi Novel 5 CM Lengkapwww.blogku29.web.id

Identitas Buku

Judul Buku : 5 CM
Pengarang Buku : Donny Dhirgantoro
Penerbit Buku : PT. Grasindo
Tahun Terbit : 2007
Tebal Buku : 381 halaman
ISBN : 9797591514

Sinopsis Novel 5 CM
Novel 5 cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang remaja yang menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial, Zafran, Rani, Ian, dan Genta
Mereka adalah sahabat yang kompak, mereka selalu pergi bersama-sama. Sampai pada akhirnya Genta mengusulkan untuk tidak bertemu dan berkomunikasi selama 3 bulan.
Dalam kurun waktu 3 bulan, mereka ditempa dengan hal-hal yang baru. Pada waktu itulah yang membuat hati mereka lebih kaya dari pada sebelumnya. Pertemuan setelah 3 bulan yang penuh dengan rasa ke rinduan akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah petualangan.
Mereka berpetualang untuk mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, yaitu gunung Mahameru. Biarkan keyakinan kamu, 5 cm menggantung mengambang didepan kamu. Hanya kaki yang akan berjalan lebih jauh dari pada biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, dan leher yang akan lebih sering melihat keatas.
Lapisan tekad yang seribukali lebih keras dari pada baja, hati yang akan bekerja keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa. Percayalah pada 5 cm di depan kening kamu.

Beberapa unsur intrinsik yang terkandung dalam novel ini adalah :
Tema
Tema yang tersirat dalam novel ini adalah tentang persahabatan anak muda yang mempunyai kekuatan dan keyakinan akan suatu hal. Uniknya lagi, cerita ini dikombinasikan dengan kisah percintaan.
Latar Belakang
Latar tempat novel ini adalah stasiun kereta api, ranu peye, ranu kumbolo, dan puncak mahameru. Latar waktunya pagi hingga malam, sedangkan untuk latar suasananya adalah menyenangkan, mengharukan, dan menegangkan.
Alur
Novel ini menggunakan alur campuran.
Penokohan
Berikut adalah penjelasan tentang karakter tokoh dalam novel 5 cm :
1. Arial
Seorang pria yang berwajah tampan serta mempunyai tubuh yang atletis.
2. Riani
Gadis berkacamata yang cantik parasnya, serta mempunyai kecerdasan yang luar biasa.
3. Zafran
Pria yang berbadan kurus, mempunyai selera humor dan pandai bersyair serta membuat puisi-puisi cinta.
4. Ian
Tokoh yang fanatik dengan bola terutama untuk club bola Manchester United. Sangat menyukai indomie, dan penggemar artis Happy Salma.
5. Genta
Seorang yang berjiwa kepemimpinan serta mempunyai kewibawaan yang sangat luar biasa.
Amanat
Terimalah apa yang menjadi kekurangan dari sahabat kita. Karena tidak semua orang yang mempunyai kelebihan semata. Kelebihan tersebut pasti selalu didampingi dengan kekurangan. Tinggal bagaimana kita menyikapi hal tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Novel 5 CM
Kelebihan : Ceritanya sangat menarik, penuh semangat, kebersamaan, dan petualangan. Penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan alur ceritanya tidak membosankan. Sehingga pembaca sangat tertarik untuk membaca novel ini sampai halaman terakhir.

Kekurangan : Akhir cerita pada novel ini berakhir dengan happy ending tetapi masih sedikit menggantung dan terasa begitu dipaksakan. Bisa dilihat dengan pembentukan keluarga mereka ditambah keturunan mereka yang umurnya semuanya sebaya.

No comments:

Post a Comment