BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and
Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang
mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan
menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi
informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena
itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang
tidak terpisahkan.
Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung
pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul
setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer
(baik perangkat keras maupun perangkat
lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.
Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi
lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan
dan belum terlihat titik jenuhnya.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apakah definisi
dari komputer?
2. Bagaimanakah
perkembangan komputer dari generasi ke generasi?
3. bagaimanakah
perkembangan perangkat keras komputer dari generasi ke generasi?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk
mengetahui definisi dari komputer.
2. Untuk
mengetahui perkembangan komputer dari generasi ke generasi.
3. Untuk
mengetahui perkembangan perangkat keras komputer dari generasi ke generasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang
telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang
yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai
suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat
bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu
informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer
adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai
pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai
pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print
out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai
dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah
"yang memproses informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi,
sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang.
Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
B.
Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi
1.
Komputer Generasi
Pertama
Mungkin dapat kita
katakan pada masa ini adalah masa komputer dinosaurus. Pada masa ini komputer
berukuran sebesar ruangan dengan kemampuan komputasi yang sangat lambat.
Sedangkan yang dapat mengoperasikan komputer jenis ini adalah orang-orang yang
sudah terlatih.
Gbr. 1. Komputer generasi Pertama
Contoh komputer generasi pertama atau generasi
dinosaurus komputer ini adalah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and
Computer) yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan
University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor,
dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar
yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann
(1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha
membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai
dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung
baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada
suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama
arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan
seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur von Neumann tersebut.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik
dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas
tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut
“bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit
untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
2.
Komputer Generasi Kedua
Pada awal 1960-an,
mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Gbr.2. Komputer Generasi Kedua
Walaupun ukurannya berkurang drastis, tapi
komputer pada generasi ke dua ini masih berukuran raksasa. Setidaknya masih
seukuran dengan almari pakaian kita sekarang ini. Salah satu contoh penting
komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan
industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan
komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan
bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada
komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi
penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian
konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman
Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN)
mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit
dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami
oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur
komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli
sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang
pada masa komputer generasi kedua ini.
3.
Komputer Generasi
Ketiga
Gbr.3. Komputer Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,
yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa
(quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di
tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan
silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang
disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen- komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Pada masa komputer generasi ketiga ini
sistem operasi didominasi oleh UNIX dan Windows. UNIX masih memenuhi pasaran
untuk bidang komputer dengan spesifikasi besar, tapi Windows lebih berkecimpung
di bidang komputer kecil-kecil, atau komputer kantor dan rumahan. Walaupun pada
masa ini Windows masih berbasis text dengan DOS (Disk Operating System)
dan berkembang menjadi Windows 3.1. yang masih sangat minim grafisnya
dibandingkan dengan Apple Macinthos.
4.
Komputer Generasi
Keempat
Kalau pada masa generasi ke empat ini
komputer sudah nggak aneh lagi kita bayangkan. Komputer pada masa ini adalah
komputer yang kita lihat
sekarang dengan berbagai keunikan dan kecanggihan.
Gbr. 4. Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi ke empat ini menggunakan
microprocessor yang lebih kecil dan dapat bekerja lebih cepat. Untuk intel
mulai dari intel i386 sampai dengan Intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core,
Core 2 Duo, dan Quad Core. Kesemuanya ini berkembang sesuai irama perkembangan
dunia teknologi informasi yang terus bergejolak seolah tak ada henti-hentinya
untuk mengembangkan daya kreasi dan inofasi.
5.
Komputer Generasi Kelima
Rencana masa depan komputer generasi ke lima
adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI).
Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer
dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua
kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem
yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan
lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa
ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer
generasi kelima.
Gbr. 5. Komputer Generasi Kelima
Lembaga ICOT (Institute for new Computer
Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan
bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan
proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma
komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan
membuahkan hasil.
C. Perangkat Keras
1.
Komputer Generasi Pertama
Pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk
menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk
berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci
utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang
memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber
tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur Von Neumann tersebut.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik
dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas
tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut
"bahasa mesin"
(machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan
membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat
komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
2.
Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat
memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di
televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastis.
3.
Komputer Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang
dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz
rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit)
di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah
piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian
berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal
yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip
4.
Komputer Generasi Keempat
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam
memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena
memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan
piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan
IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium
III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon,
dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
5.
Komputer Generasi Kelima
Banyak kemajuan di bidang desain komputer
dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua
kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem
yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan
lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa
ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat
penulis simpulkan bahwa komputer merupakan perangkat yang terdiri dari perangkat keras yang dapat
disentuh oleh pisik (hardware), perangkat lunak, suatu perangkat yang tidak
dapat disentuh secara pisik (software), dan Brainware yakni suatu pengguna
komputer atau user. Dalam hal ini sejarah komputer terdapat berberapa generasi
yakni sebagai berikut:
1.
Komputer Generasi pertama : Electronic Numerical Integrator
and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika
Serikat dan University of Pennsylvania
2.
Komputer Generasi kedua : Penemuan transistor sangat
mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di
televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama
yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-
Rand membuat komputer bernama LARC.
3.
Komputer Generasi ketiga : komputer menjadi semakin kecil
karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer
generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system)
yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
4.
Komputer Generasi keempat : Large Scale Integration (LSI)
dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large
Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large
Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan
untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran
setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.
5.
Komputer Generasi kelima : komputer fiksi HAL9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
B.
Kritik dan Saran
1.
Kritik
Lab Komputer kurang bersih dan
banyaknya komputer-komputer yang harus diperbaiki dan ruangan sempit serta WC
tidak tersedia.
2.
Saran
Sekiranya sebagian komputer
diperbaiki dan dilengkapi agar proses pembelajaran bisa lebih muda dan
sekiranya diberikan fasilitas yang lebih layak
DAFTAR PUSTAKA
1.
Agung
Setiawan, 2004. Pengantar Sistem Komputer, cetakan kedua, Informatika, Bandung.
2.
Budi
Sutedjo Dharma Oetomo, 2004. Konsep & Perancangan Jaringan Komputer
Bangunan Satu Lantai, Gedung Bertingkat
& Kawasan. Andi,
Yogyakarta.
3.
Jack
Febrian, 2007. Kamus Komputer & Teknologi Informasi. Cetakan Pertama, Informatika, Bandung.
4.
Sudirman,
Ivan, Satria. 2003. Perkembangan
Komputer. Artikel untuk Ilmu Komputer.com.
5.
Tabloit
PC Linux Edisi 120 – 130.
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur
saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta
karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesai makalah ini yang alhamdulillah
tepat pada waktunya. Makalah ini berisikan tentang Perkembangan Komputer dari
Generasi ke Generasi.
Penulis
menyadari bahwa didalam penulisan Makalah ini tidak terlepas dari berkat
bantuan dan tuntunan Allah SWT dan berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan
ini Penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar - besarnya
kepada semua pihak yang membantu dalam penulisan Makalah ini.
Penulis
menyadari bahwa dalam proses penulisan Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan
baik materi maupun cara penulisanya. Namun demikian, Penulis telah berupaya
dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat
menyelesaikan Makalah ini dengan baik. Penulis dengan rendah hati dan dengan
tangan terbuka menerima masukan, saran dan usul guna penyempurnaan Makalah ini.
Akhirnya
Penulis berharap semoga Makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
Watampone,
05 Juli
2014
|
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ..................................................................................................i
DAFTAR ISI ................................................................................................................ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang...............................................................................................1
B.
Rumusan Masalah .......................................................................................2
C.
Tujuan
Penulisan...........................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Komputer…………………………………......…………...…...3
B.
Perkembangan Komputer Dari
Generasi ke Generasi ………………...............4
C.
Perangkat Keras..........................................................................................10
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan …………………………………………………....………….14
B.
Kritik dan Saran…………………..…………………………….....……...16
DAFTAR PUSTAKA
|
MAKALAH
PERKEMBANGAN
KOMPUTER DARI
GENERASI
KE GENERASI
Makalah
Ini Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok Pada
Mata
Kuliah Aplikasi Komputer Jurusan Tarbiyah Program Studi
Manajemen
Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Watampone
Disusun Oleh :
A
H A R I
02133127
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
WATAMPONE
|
2014
No comments:
Post a Comment