Wednesday 20 December 2017

MAKALAH TANAMAN BAYAM

Tugas Individu

Makalah
SAYUR  BAYAM


http://www.fajarpendidikan.co.id/wp-content/uploads/2017/07/IMG_7306.jpg


Oleh

NAMA : IRMA MADING
NIM : 2141 0907 008


Program Studi : Agroteknologi








SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN
(STIP) YAPI BONE


 
2017/2018


KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
            Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.   
          Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah Agroteknologi ini.
            Akhir kata kami berharap semoga makalah yang akan membahas sayur bayam ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.


Watampone, 23 Oktober 2017


           Penulis









DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR .............................................................................               i
DAFTAR ISI .............................................................................................               ii
BAB I..... PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang.....................................................................               1
B.       Rumusan Masalah.................................................................               2
C.       Tujuan Penulisan...................................................................               2
BAB II... PEMBAHASAN
A.       Pengertian Tanaman Bayam.................................................               3
B.       Jenis – Jenis Tanaman Bayam..............................................               4
BAB III.. PENUTUP
A.       Kesimpulan...........................................................................               18
B.       Saran.....................................................................................               18
DAFTAR PUSTAKA










 BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Tanaman bayam merupakan salah satu jenis sayuran komersial yang mudah diperoleh disetiap pasar, baik pasar tradisional maupun pasar swalayan. Harganya dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Tumbuhan bayam ini awalnya berasal dari negara Amerika beriklim tropis, namun sekarang tersebar keseluruh dunia.
Di Indonesia hanya dikenal dua jenis bayam budidaya, yaitu bayam cabut (Amaranthus tricolor L.) dan bayam petik (Amaranthus hybridus L.). Jenis ini memang sengaja dibudidayakan untuk dikonsumsi karena rasa daunnya enak, empuk, dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Selain itu, daunnya yang segar mempunyai nilai komersial yang tinggi (Bandinidan Nurudin,2001).
Bayam merupakan tanaman sayuran yang berasal dari daerah Amerika Tropik. Bayam semula dikenal sebagai tanaman hias, namun dalam perkembangan selanjutnya bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, vitamin A dan C serta sedikit vitamin B dan mengandung garam-garam mineral seperti: kalsium, posfor, dan besi (Sunarjono, 2006). `
Bayam biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Pertumbuhannya secara normal amat cepat, sehingga dalam waktu kurang dari satu bulan bayam sudah bisa dipanen. Bayam telah lama dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dan merupakan bahan sayuran daun yang bergizi tinggi dan digemari oleh semua lapisan masyarakat. Daun bayam dapat dibuat berbagai sayur mayur, bahkan disajikan sebagai hidangan mewah (elit). Bayam juga memiliki beberapa manfaat diantaranya dapat memperbaiki daya kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Beberapa negara berkembang telah mempromosikan bayam sebagai sumber protein nabati, karena berfungsi ganda bagi pemenuhan kebutuhan gizi maupun pelayanan kesehatan masyarakat (Sunarjono, 2006).
Umumnya bayam sangat memerlukan air dalam pertumbuhan dan perkembangannya, karena tanaman tidak dapat hidup tanpa air. Untuk itu dibutuhkan pemberian yang baik, agar dapat menghasilkan produksi yang banyak. Air merupakan sistem pelarut dari sel dan memberikan suatu medium untuk pengangkutan didalam tanah. Air dapat mempertahankan turgor yang sangat perlu dalam kerumitan transpirasi dan pertumbuhan tanaman. Untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang normal, tanaman memerlukan unsur hara, cahaya, karbondioksida, dan air yang cukup. Kekurangan air mengakibatkan terganggunya perkembangan tanaman dan akan mengganggu aktifitas fisiologis maupun morfologis, sehingga mengakibatkan terhentinya pertumbuhan. Dalam pemberian air perlu diperhatikan kebutuhan air dari setiap tanaman, demikian pula setiap tahap dari pertumbuhan tanaman tertentu.

B.  Rumusan Masalah
Dalam pembahasan laporan ini, ada beberapa topik yang menjadi masalah dalam laporan ini, yakni :
1.         Apakah yang dimaksud tanaman bayam?
2.         Bagaimana jenis – jenis tanaman bayam?
3.         Apa saja kandungan gizi dan manfaat sayur bayam?
4.         Bagaimana syarat tumbuh bayam?
5.         Bagaimana morfologi tanaman bayam?
6.         Bagaimana teknik budidaya tanaman bayam?

C.  Tujuan Penulisan
1.        Untuk mengetahui pengertian tanaman bayam.
2.        Untuk mengetahui jenis – jenis tanaman bayam.
3.        Untuk mengetahui kandungan gizi dan manfaat sayur bayam.
4.        Untuk mengetahui syarat tumbuh bayam.
5.        Untuk mengetahui morfologi tanaman bayam.
6.        Untuk mengetahui teknik budidaya bayam.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Tanaman Bayam
Bayam (Amaranthusspp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau.Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia.Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.
Tanaman bayam merupakan salah satu jenis sayuran komersial yang mudah diperoleh disetiap pasar, baik pasar tradisional maupun pasar swalayan. Harganyapun dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.Tumbuhan bayam ini awalnya berasal dari negara Amerika beriklim tropis, namun sekarang tersebar keseluruh dunia.Hampir semua orang mengenal dan menyukai kelezatannya.Rasanya enak, lunak dan dapat memberikan rasa dingin dalam perut dan dapat memperlancar pencernaan.Umumnya tanaman bayam dikonsumsi bagian daun dan batangnya.Ada juga yang memanfaatkan biji atau akarnya sebagai tepung, obat, bahan kecantikan, dan lain-lain.Ciri dari jenis bayam yang enak untuk dimakan ialah daunnya besar, bulat, dan empuk.Sedangkan bayam yang berdaun besar, tipis diolah campur tepung untuk rempeyek (Yusni B, Nurudin Azis, 2001)
Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi "spinach" dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain Bayam (Spinacia).
Bayam merupakan tanaman annual (semusim) yang berasal dari Amerika Tropis. Dalam perkembangannya di Amerika Latin, bayam dipromosikan sebagai tanaman pangan sumber protein, terutama bagi negara-negara berkembang. Sedangkan bayam sebagai sayuran hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese Amaranth. (Supriati Yati & Ersi Herliana. 2014)
Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang paling bergizi. Bayam bermanfaat mencegah berbagai penyakit karena melindungi dan memperkuat tubuh melalui berbagai cara. (Anne Selby, 2005)
Bayam merupakan jenis sayuran yang sangat mudah tumbuh sehingga siapapun dapat menanamnya. Bayam dapat tumbuh, baik didataran rendah maupun didataran tinggi. Bayam merupakan tanaman perdu yang sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak, lunak, dan manfaatnya yang banyak.` (Pracaya, 2016)
Tanaman bayam dapat tumbuh pada tanah dengan ph 6—7 dan kondisi tanah gembur. B udi daya tanaman bayam dilakukan tanpa melalui pembibitan. Benih dapat langsung disemai di lahan penanaman. (Setyaningrum Hesti Dwi., Cahyo Saparinto. 2011)
Sayur bayam adalah olahan sayuran yang dapat dengan mudah ditemukan di manapun anda berada. Bahannya yang sangat mudah ditemukan serta cara pembuatannya yang sangat mudah membuatnya menjadi jenis sayur yang sangat sering hadir di meja makan. Sayur bayam itu sendiri merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang dikenal memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam sayur bayam dipercaya mampu menghindarkan seseorang dari anemia atau penyakit kurang darah. Tidak hanya itu saja, sayur bayam juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh semua orang terutama ibu menyusui untuk membantu memproduksi ASI yang lebih banyak dan lebih sehat.

B.     Jenis – Jenis Tanaman Bayam
Membaca tentang jenis bayam yang berada di Indonesia sangat banyak sekali, mulai dari yang tumbuh liar baik itu di hutan ataupun yang di pasaran hasil budidaya. Untuk singkatnya maka kita bagi dua jenis. Berikut ini adalah jenis bayam yang sering kita temukan :

1.        Bayam Liar
Bayam ini tumbuh secara liar,  dapat dijumpal di lahan-lahan kosong tak terurus,  sebgai gulma di lahan pertanian,  atau di tempat-tempat yang lembap,  seperti di tepi selokan. Tanaman ini tumbuh cepat dan semakin subur jika musim hujan tiba.  Bayam ini dapat dikonsumsi,  tetapi rasanya agak getir sehingga lebih banyak digunakan sebgai obat atau bahan untuk kecantikan. Jenis bayam liar sebagai berikut :
a.    Bayam tanah (A blitum L)
Mempunyai ciri utamanya terletak pada batang yang berwarna merah dan berduri, daunnya berbentuk lancip dan kecil.  Rasanya agak keras dan kasar.
b.    Bayam berduri (A spinosus L)
Mempunyai ciri-ciri yang sama dengan bayam tanah,  yaitu daun kecil dan batang berwarna merah dan keras.  Batangnya berduri.
2.        Bayam Budidaya
Jenis ini memang sengaja dibudidayakan untuk dikonsumsi karena rasa daunnya enak,  empuk,  dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Jenis bayam budidaya di antaranya sebagai berikut :
a.    Bayam cabut (A. tricolor L)
Bayam cabut disebut juga bayam sekul atau bayam putih.  Cirinya,  daun agak bulat dengan daging yang tebal dan lemas.  Bunga keluar dari bagian ketiak cabang, batang berwama hijau keputih-putihan sampai merah.  Dari warna batang dan daun dikenal jenis bayam putih clan bayam merah Bayam ini dicabut bersama akarmya kemudian dijual dalam bentuk ikatan. Kecuali untuk diambil bijinya,  tanaman dibiarkan sampai berbunga dan berbiji.  Tanaman bayam cabut dapat tumbuh sepanjang musim. Biasanya banyak ditanam pada daerah dataran rendah di togalan atau pekarangan rumah. Bayam cabut termasuk sayuran yang banyak dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat dan sering dijumpai di setiap pasar,  baik pasar tradisional atau pasar swalayan dan harganya pun relatif murah. Dengan kemajuan teknologi,  jenis-jenis bayam cabut berkembang pesat sehingga diperoleh varietas unggul yang kualitas maupun kuantitasnya lebih baik dari yang sudah ada.
Adapun varietas unggul bayam cabut yang banyak ditanam adalah sebagai berikut :
b.    Bayam cabut varietas lokal
1)   Git hjau
Tanaman ini adalah introduksi dari Thailand. Bayam umur 28 hari dapat dipanen. Tanaman tumbuh tegak dengan tinggi mencapai 20-25 cm. Bercabang sedikit,  bentuk batang bulat langsing,  halus,  dan berwarna keputih-putihan. Daun berwarna hijau keputihan,  berbentuk mirip delta, berukuran kecil, dan berurat halus. Varietas ini termasuk yang banyak ditanam oleh petani karena banyak disukai dan potensi hasilnya cukup tinggi yaitu mencapai sekitar 8,4 ton/ha. Tanaman mulai berbunga pada umur 35 hari dan masak atau dapat dipanen pada umur 50-60 hari. 
2)   Git merah
Bayam ini juga merupakan tanaman introduksi dari Thailand ciri-ciri tanaman antara lain bercabang sedikit,  tinggi tanaman pada waktu cabut yaitu 20-25 cm. Batang berwarna merah tua,  bentuk bulat langsing,  dan halus Daunnya berwarna hijau dengan belang merah tua di tongahnya.  berbentuk mirip delta,  berukuran lebar,  dan berurat halus Rasa daun masak enak dan keras. Tanaman dapat dipanen pada umur 30 hari. Produktivitas varietas ini yaitu 7,9 ton/ha.

c.    Bayam cabut varietas impor

1)   Green lake
Pertumbuhanya cepat dan produksinya tinggi. Tanaman agak tegak Daun lebar dengan topi sedikit bergerigi dan berwama hijau muda.  Tangkai daun kecil dan panjang. Benihnya bulat dan mudah ditanam.  Varietas ini cocok ditanam di daerah beriklim sedang sampai dingin,  terutama dataran tinggi.
2)   Spark
Pertumbuhan varietas ini cepat dan kuat Produksinya tinggi.  Tanaman tegak,  besar,  dan tinggi.  Daun borwarna hijau,  bersoraf halus,  dan rasanya tidak pahit.  Tangkai daun panjang Benihnya bulat,  tidak berduri,  dan mudah ditanam varietas ini cocok ditanam di daerah dingin.
3)   Trayful
Pertumbuhan varietas kuat,  tunas daunnya banyak,  dan produksinya tinggi Tanaman ini tegak.  Daun berserat halus,  berwarna hijau dengan bentuk sempit dan sedikit bergerigi serta mudah ditanam.  Variotas ini cocok ditanam di daerah beriklim sedang sampai dingin.

C.    Kandungan Gizi dan Manfaat Sayur Bayam
Adapun manfaat dari sayur bayam yakni:
1.        Kaya akan Vitamin A, B2, B6, C, E, dan K, Magnesium, Asam Folat, Kalsium, Potassium, Protein, Phosphorus, Copper, Selenium, Niasin dan seng.
2.        Bayam juga bermanfaat melindungi system kardiovaskular serta memelihara kesehatan mata dan pencernaan.
3.        Bayam juga bisa memperlambat proses degenerasi pada fungsi otak dan  mengandung zat zat anti peradangan.
4.        Bayam kaya akan asam folat (folic acid), sehingga ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi bayam.
5.        Bayam juga mengandung Phylloquinone bentuk yang umum dari Vitamin K, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Hasil penelitian menunjukkan, Phylloquinone membantu mengembangkan kepadatan tulang, sekaligus juga mengurangi risiko retak pada tulang.
6.        Beta–Karoten dan Vitamin C yang terkandung di dalam bayam bermanfaat melindungi sel-sel usus dari efek-efek berbahaya radikal bebas.
7.        Selain mengandung vitamin A dan asam Folat, setengah cup bayam juga mengandung Vitamin B, Vitamin C, Riboflavin dan 419 mg potassium
8.        Bayam rendah kandungan kalorinya;tetapi sangat tinggi kandungan vitamin,mineral,dan phytonutrient.
9.        Berbagai zat yang terkandung di dalam bayam juga bersifat anti-peradangan,sehingga bayam bermanfaat mencegah berbagai kondisi yang diidentifikasi sebagai peradangan. Misalnya, arthritis,osteoporosis,migren atau asma

D.    Syarat Tumbuh Bayam
1.      Iklim
Keadaan angin yang terlalu kencang dapat merusak tanaman bayam khususnya untuk bayam yang sudah tinggi. Kencangnya angin dapat merobohkan tanaman.
2.      Karena tanaman bayam cocok ditanam di dataran tinggi maka curah hujannya juga termasuk tinggi sebagai syarat pertumbuhannya. Curah hujannya bisa mencapai lebih dari 1.500 mm / tahun.
3.      Tanaman bayam memerlukan cahaya matahari penuh. Kebutuhan akan sinar matahari untuk tanaman bayam cukup besar. Pada tempat yang terlindungi (ternaungi), pertumbuhan bayam menjadi kurus dan meninggi akibat kurang mendapat sinar matahari penuh.
4.      Suhu udara yang sesuai untuk tanaman bayam berkisar antara 16 – 20 derajat C.
5.      Kelembaban udara yang cocok untuk tanaman bayam antara 40 – 60%.

E.       Morfologi Tanaman Bayam
Bayam termasuk tanaman setahun atau lebih yang berbentuk perdu (terna) dan tingginya dapat mencapai ± 1 ½ meter. Sistem perakarannya menyebar dangkal pada kedalaman antara 20-40 cm,dan memiliki akar tunggang. Batang bayam banyak mengandung air (herbaceus), tumbuh tinggi di atas permukaan tanah. Bayam tahun kadang-kadang batangnya mengeras berkayu dan bercabang banyak. Percabangan akan melebar dan tumbuh tunas baru bila sering dilakukan pemangkasan. Daun bayam umumnya berbentuk bulat telur dengan ujung agak meruncing dan urat-urat daunnya jelas. Warna daun bervariasi mulai dari hijau tua, hijau muda, dan hijau keputih-putihan sampai warna merah Struktur daun bayam liar umumnya kasap dan kadang-kadang berduri (Rukmana, 1994).
Bunga tersusun dalam malai yang tumbuh tegak, keluar dari ujung tanaman ataupun dari ketiak-ketiak daun. Bentuk malai bunga memanjang mirip ekor kucing, dan pembungaannya dapat berlangsung sepanjang musim atau tahun. Alat reproduksi (perbanyakan tanaman) dengan biji. Dari setiap tandan (malai) bunga dapat dihasilkan ratusan hingga ribuan biji. Ukuran biji sangat kecil, bentuknya bulat dan berwarna coklat tua mengkilap sampai hitam kelam, namun pada varietas bijinya berwarna putih sampai krem (Rukmana, 1994).

F.     Teknik Budidaya Bayam
1.      Pembibitan
a.       Persyaratan Benih
Benih / biji yang baik untuk bertanam bayam adalah dapat memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a)      berasal dari induk yang sehat,
b)      bebas dari hama / penyakit,
c)      daya kecambah 80 prosen, dan
d)     memiliki kemurnian benih yang tinggi.
Disamping persyaratan seperti yang disebutkan diatas, benih / bibit yang digunakan kalau bisa merupakan benih unggul agar nantinya tahan terhadap hama dan penyakit.
b.      Penyiapan Benih
Benih Bayam sayur yang ditanam petani kebanyakan swadaya dari tanaman terdahulu yang sengaja dibiarkan tumbuh terus untuk produksi biji. Keperluan benih untuk lahan 1 hektar berkisar antara 5 – 10 kg, atau 0,5 – 1,0 gram per m2 luas lahan. Biji dipanen pada waktu musim kemarau dan hanya dipilih tandan yang sudah tua (masak). Tandan harus dijemur beberapa hari, kemudian biji dirontokkan dari tandan dan dipisahkan dari sisa – sisa tanaman. Untuk memproduksi bibit bagi satu hektar kebun yang berisi 25000 – 40000 tanaman, kemungkinan dibutuhkan sekitar 1 – 2 kg benih.
c.       Teknik Penyemaian Benih
Lahan untuk pembibitan dipilih yang lebih tinggi dari sekitarnya dan bebas dari hama dan penyakit tanaman maupun gulma. Pembibitan diberi atap plastik atau atap jerami padi. Benih bayam disebar merata atau berbaris – baris pada tanah persemaian dan ditutup dengan selapis tanah tipis.
d.      Pemeliharaan Pembibitan / Penyemaian
Dalam pemeliharaan benih / bibit perlu dilakukan penyiraman dengan teratur dan hati-hati. Tanah yang digunakan juga perlu dipupuk agar kesuburannya tetap terjaga. Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk kandang. Setelah bibit tumbuh dan ada benih yang terserang hama / penyakit maka perlu disemprot dengan pestisida dengan dosis rendah.
e.       Pemindahan Bibit
Setelah bibit tumbuh berumur sekitar 7 – 14 hari, bibit dipindah-tanam ke dalam pot-pot yang terbuat daun pisang atau kantong plastik es mambo yang sebelumnya telah diisi dengan medium tumbuh campuran tanah dan pupuk organik yang halus (1:1). Bibit dalam pot disiram teratur dan setelah berumur sekitar 7 – 14 hari setelah dipotkan, bibit tersebut telah siap untuk dipindah-tanam ke lapangan.
2.      Pengolahan Media Tanam
a.       Persiapan
Sebelum pengolahan lahan dilakukan perlu diketahui terlebih dahulu pH tanah yang sesuai yaitu antara 6 – 7 sehingga perlu dilakukan pengukuran dengan menggunakan pH-meter. Selanjutnya menganalisis tanah yang cocok untuk tanaman bayam, apakah perlu dilakukan pemupukan atau tidak. Kapan tanaman akan ditanam dan sebaiknya pada awal musim hujan atau akhir musim kemarau. Berapa luas lahan yang akan ditanami dan akan melakukan sistem polikultur atau monokultur. Dan berapa banyak kebutuhan benih untuk dapat memenuhi produk bayam yang diinginkan.
b.      Pembukaan Lahan
Lahan yang akan ditanami dicangkul / dibajak sedalam 30 – 40 cm, bongkah tanah dipecah gulma dan seluruh sisa tanaman diangkat dan disingkirkan lalu diratakan. Lahan kemudian dibiarkan selama beberapa waktu agar tanah matang benar.
c.       Pembentukan Bedengan
Setelah tahap pencangkulan kemudian dibuat bedengan dengan lebar sekitar 120 cm atau 160 cm, tergantung jumlah populasi tanaman yang akan ditanam nanti. Dibuat parit antar bedengan selebar 20 – 30 cm, kedalaman 30 cm untuk drainase. Pada bedengan dibuat lubang – lubang tanam, jarak antar barisan 60-80 cm, jarak antar lubang (dalam barisan) 40-50 cm.
d.      Pengapuran
Apabila pH tanah terlalu rendah maka diperlukan pengapuran untuk menaikkannya. Pengapuran dapat menggunakan kapur pertanian atau Calcit maupun Dolomit. Pada tipe tanah pasir sampai pasir berlempung yang pH-nya 5,5 diperlukan ± 988 kg kapur pertanian / ha untuk menaikkan pH menjadi 6,5. Kisaran kebutuhan kapur pertanian pada tanah lempung berpasir hingga liat berlempung ialah antara 1.730 – 4.493 kg / hektar. Sebaliknya, untuk menurunkan pH tanah, dapat digunakan tepung Belerang (S) atau Gipsum, biasa sekitar 6 ton / hektar. Cara pemberiannya, bahan – bahan tersebut disebar merata dan dicampur dengan tanah minimal sebulan sebelum tanam.
e.       Pemupukan
Pemupukan awal menggunakan pupuk kandang yang telah masak. Waktu pemupukan dilakukan satu minggu atau dua minggu sebelum tanam. Cara pemupukan adalah dengan disebarkan merata diatas bedengan kemudian diaduk dengan tanah lapisan atas. Untuk pemupukan yang diberikan per lubanng tanam, cara pemberiannya dilakukan dengan memasukkan pupuk ke dalam lubang tanam. Dosis pemberian pupuk dasar disesuaikan dengan jenis tanaman dan keadaan lahan. Akan tetapi dosis untuk pupuk kandang sekitar 10 ton per hektar. Pemupukan per lubang tanam biasanya diperlukan sekitar 1 – 2 kg per lubang tanam.
f.       Pemberian Mulsa
Untuk memperoleh hasil produksi yang berkualitas baik maka di dalam penanaman perlu dipasang palstik perak-hitam sebagai mulsa. Dengan penggunaan plastik ini dapat mengurangi serangan hama dan penyakit termasuk gangguan gulma dan lainnya.
3.      Teknik Penanaman
a.       Penentuan Pola Tanam
Jarak tanam untuk tanaman bayam adalah antara 60 cm x 50 cm atau 80 cm x 40 cm. Jarak tanam tersebut dapat divariasikan sesuai dengan tingkat kesuburan tanah dan jenis bayam sehingga populasi tanaman per hektar berkisar antara 30.000 – 60.000 tanaman. Pola tanam untuk bayam cabut adalah monokultur. Dalam satu hamparan lahan biasanya ditanam berbagai jenis tanaman dengan pola mosaik (perca), yaitu berbagai tanaman ditanam monokultur pada petak – petak tersendiri. Tanaman lainnya tadi antara lain seperti kakngkung (darat), selada, lobak, paria, kemangi dan sayuran lalapan lainnya.
b.      Pembuatan Lubang Tanam
Lubang tanam dapat dibuat dengan menggunakan alat kayu dengan cara di pukul-pukul sehingga membentuk lubang. Jarak antara barisan adalah 60 – 80 cm dan jarak antar lubang (antar barisan) 40 – 50 cm.
c.       Cara Penanaman
Penanaman dapat langsung di lapangan tanpa penyemaian atau dengan penyemaian terlebih dahulu. Apabila tanpa penyemaian maka biji bayam dicampur abu disebarkan langsung di atas bedengan menurut barisan pada jarak antar barisan 20 cm dan arahnya membujur dari Barat ke Timur. Setelah disebarkan benih segera ditutup dengan tanah halus dan disiram hingga cukup basah. Waktu penanaman paling baik adalah pada awal musim hujan. Dengan penyemaian maka tanaman dapat tumbuh dengan lebih baik karena benih diperoleh dengan cara seleksi untuk ditanam.
4.      Pemeliharaan Tanaman
a.       Penjarangan dan Penyulaman
Apabila sewaktu menyebar benih secara langsung di lapangan tidak merata maka akan terjadi pertumbuhan yang mengelompok (rapat) sehingga pertumbuhannya terhambat karena saling bersaing satu sama lain. Oleh karena itu perlu dilakukan penjarangan sekaligus sebagai panen pertama. Apabila tanaman bayam dihasilkan dari benih yang disemai maka setelah penanaman di lapangan ada yang mati / terserang penyakit, maka perlu dilakukan penyulaman dengan mengganti tanaman dengan yang baru. Caranya dengan mencabut dan apabila terserang penyakit segera dimusnahkan agar tidak menular ke tanaman lainnya. Penyulaman dapat dilakukan seminggu setelah tanam.
b.      Penyiangan
Penyiangan dilakukan apabila muncul gulma tanaman Gelang (Portulaca oleracea) dan rumput liar lainnya. Kehadiran gulma gelang dapat menurunkan produksi bayam antara 30 – 65%. Penyiangan dilakukan bersamaan dengan penggemburan tanah. Alat yang digunakan dalam penyiangan dapat berupa cangkul kecil atau sabit. Caranya dengan dicangkul untuk mencabut gulma atau langsung dicabut dengan tangan. Disamping itu pencangkulan dilakukan untuk menggemburkan tanah.
c.       Pembubunan
Proses pembubunan dilakukan bersamaan dengan penyiangan.
d.      Perempalan
Apabila perawakan tanaman terlalu subur, mungkin perlu dilakukan
perempalan tunas–tunas liar dan pemasangan ajir / turus untuk memperkuat tegaknya tanaman agar tidak rebah.
e.       Pemupukan
Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik, untuk tiap lubang calon tanaman sekitar 0,4 – 0,8 kg. Dengan demikian kuantum pupuk organik akan berkisar 15 – 30 ton. Untuk pertanaman di dataran rendah bekas sawah, pupuk organik tidak diberikan, tinggi bedengan perlu ditambah dan dalamnya parit antar bedengan perlu diperdalam. Pupuk organik yang diberikan adalah pupuk N (Urea sekitar 250 kg / ha atau ZA 500 kg / ha) cara dilarutkan dalam air ± 25 gram / 10 liter air, TSP 300 kg / ha dan KCl 200 kg/ha. N diberikan dua kali, setengah takaran pada waktu tanam dan yang setengahnya lagi pada umur 30 hari setelah tanam. Apabila ternyata nanti pertumbuhan tanaman kurang subur, dapat dipertimbangkan untuk memberi pupuk N susulan dengan takaran sekitar 125 kg / ha, interval sekitar 30 hari dan dihentikan 30 hari sebelum panen. Pupuk P diberikan sekali pada waktu tanam, sedangkan pupuk K diberikan dua kali, setengah takaran pada waktu tanam dan setengah lagi pada umur 30 hari setelah tanam.
f.       Pengairan dan Penyiraman
Pada fase awal pertumbuhan, sebaiknya penyiraman dilakukan rutin dan intensif 1 – 2 kali sehari, terutama di musim kemarau. Waktu yang paling baik untuk menyiram tanaman bayam adalah pagi atau sore hari, dengan menggunakan alat bantu gembor (emrat) agar air siramannya merata.
g.      Waktu Penyemprotan Pestisida
Jenis pestisida yang digunakan untuk tanaman bayam adalah Dithane M – 45 dengan dosis 1,5 – 2 gram / liter air, Ambush 2 EC atau Lannate 2 EC dengan konsentrasi 2 gram per liter air. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan alat penyemprot berupa tangki sprayer. Cara penyemprotan yaitu jangan dilakukan ketika angin bertiup kencang dan jangan menentang arah datangnya angin. Jangan melakukan penyemprotan pada saat akan hujan dan sebaiknya dicampurkan bahan perekat. Waktu penyemprotan dilakukan pada pagi hari benar atau sore hari ketika udara masih tenang. Hal tersebut untuk menghindari matinya lebah atau serangga lainnya yang menguntungkan.
5.      Panen
a.       Ciri dan Umur Panen
Ciri-ciri bayam cabut siap panen adalah umur tanaman antara 25-35 hari setelah tanam.Tinggi tanaman antara 15-20 cm dan belum berbunga. Waktu panen yang paling baik adalahpagi atau sore hari, saat suhu udara tidak terlalu tinggi.
b.      Cara Panen
Cara panennya adalah dengan mencabut seluruh bagian tanaman dengan memilih tanamanyang sudah optimal. Tanaman yang masih kecil diberi kesempatan untuk tumbuh membesar,sehingga panen bayam identik dengan penjarangan.
c.       Periode Panen
Panen pertama dilakukan mulai umur 25-30 hari setelah tanam, kemudian panen berikutnyaadalah 3-5 hari sekali. Tanaman yang sudah berumur 35 hari harus dipanen seluruhnya, karenabila melampaui umur tersebut kualitasnya menurun atau rendah; daun-daunnya menjadi kasardan tanaman telah berbunga.3.6.4.
Prakiraan ProduksiProduksi bayam per hektar dapat mencapai sekitar 22.630 kg.
Pasca panen tanaman bayam sudah bisa dipasarkan, untuk hasil pemasaran yang baik, maka perlu dilakukan tahapan sebagai berikut :
a.      Pengumpulan
Pengumpulan dilakukan setelah panen dengan cara meletakkan di suatu tempat yang teduhagar tidak terkena sinar matahari langsung, karena dapat membuat daun layu.

b.      Penyortiran dan Penggolongan
Penyortiran dilakukan dengan memisahkan bayam yang busuk dan rusak dengan bayam yangbaik dan segar. Disamping itu juga penggolongan terhadap bayam yang daunnya besar dan yang daunnya kecil. Setelah itu diikat besar-besar maupun langsung dengan ukuran ibu jari.
Proses sortasi ini meliputi:
1)   Membuang tanaman yang terlalu kecil, tanaman terlalu besar & terinveksi. Tanaman harus seragam tidak boleh terlalu kecil ataupun terlalu besar. Tanaman yang terinveksi penyakit atau virus juga harus dibuang karena biasanya tanaman yang terinveksi ini akan mudah rusak selama proses penyimpanan dan penjualan.
2)   Membuang kutu yang ada di daun dengan menggunakan kuas yang bersih dan halus. Jangan sampai pada produk hidroponik masih ada organisme yang menyebabkan kerusakan sayuran.
3)   Membuang beberapa daun bawah. Untuk tanaman bayam pembuangan daun bawah berjarak 5-7 cm dari akar. Untuk tanaman sawi dan caiisim diambil 1 atau 2 daun bawah yang kualitasnya jelek. Termasuk daun yang berubah warna juga harus dibuang. Tujuan dari pembuangan beberapa daun ini untuk mencegah daun menjadi kuning.
4)   Menggulung akar tanaman, tanpa membuang sisa rockwool. Akar tanaman produk hidroponik tetap diikutkan selama proses pemasaran untuk membedakan dengan produk sayuran lain. Maka tidak boleh dipotong, hanya digulung saja. Sisa rockwool yang ada juga jangan dibuang agar kesegaran sayuran bertahan lebih lama.
c.       Penyimpanan
Penyimpanan untuk menjaga kesegaran bayam dapat diperpanjang dari 12 jam tempatterbuka (suhu kamar) menjadi 12-14 hari dengan perlakuan suhu dingin mendekati 0 derajat C,12 / 13misalnya dengan remukan es.
d.      Pengemasan dan Pengangkutan
Pengemasan (pewadahan) dalam telombong atau dedaunan yang digulungkan menyelimutiseluruh bagian bayam, sehingga terhindar dari pengaruh langsung sinar matahari.Pengangkutan ke pasar dengan cara dipikul maupun angkutan lainnya, seperti mobil ataugerobak.
e.       Pencucian
Pencucian hasil panen pada air yang mengalir dan bersih, atau air yang disemprotkan melaluiselang maupun pancuran.
f.       Penanganan Lain
Bayam dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Sewaktu memasak bayam ialah tidakboleh terlalu lama. Bayam cukup hanya direbus selama ± 5 menit. Memasak bayam terlalulama akan menyebabkan daun-daunnya menjadi hancur (lonyoh), rasanya tidak enak, dankandungan vitamin C-nya menguap (menghilang).

















BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
1.         Bayam tumbuh baik bila ditanam di lahan terbuka dengan sinar matahari penuh atau berawan dan tidak tergenang air/becek.
2.         Bayam memiliki 2 jenis yaitu bayam jenis liar dan  bayam budi daya pada kedua perbedaan ini bayam liar adalah bayam yang yang tumbuh di sembarang tempat dan hasil dari bayam tersebut tidak seberapa berkarakter rasanya agak getir sehingga lebih banyak digunakan sebagai obat atau bahan untuk kecantikan. Sedangkan pada bayam yang dibudidayakan ini memiliki tekstur yang berkarakter sengaja dibudidayakan untuk dikonsumsi karena rasa daunnya enak, empuk, dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Selain itu, daunnya yang segar mempunyai nilai komersial yang tinggi.
3.         Kandungan Gizi pada Bayam Hijau dan Bayam Merah memiliki beberapa perbedaan pada kalori bayam merah lebih tinggi di banding bayam hijau yang hanya memiliki kalori 3.6 dan pada karbohidrat,lemak,protein,kalsium,fosfor bayam merah yang memiliki kandungan paling tinggi sedangkan pada zat besi,vitamin A,dan air Bayam hijau lebih tinggi di banding Bayam merah tetapi pada vitamin B1 dan vitamin C mereka berdua memiliki persamaan pada kandungan gizi.
4.         Pada pascapanen sendiri bayam memiliki beberapa tahapan dari pengolongan, penyortiran dan penggolongan, penyimpanan, pengemasan dan pengangkutan, pencucian, dan penanganan lainnya .

B.       Saran
Makalah ini kami buat dengan semaksimal mungkin, dan kami berharap sangat bermanfaat bagi para pembaca kami, kami sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca kami demi kebaikan dimasa mendatang.


DAFTAR PUSTAKA

Anna Selby, 2005. Makanan Berkhasiat: 25 Makanan Bergizi Super Untuk Kesehatan Prima. Jakarta : Erlangga.


Bandini, Yusni. dan Nurudin. Azis. 1999. Bayam. Penebar Swadaya. Jakarta

Pracaya, Gema Juang Kartika. 2016. Bertanam 8 Sayuran Organik. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rukmana. 1994. Bayam Bertanam Dan Pengolahan Pasca Panen. Kanisius  Yogyakarta.

Setyaningrum Hesti Dwi., Cahyo Saparinto. 2011. Panen Sayur secara Rutin di Lahan Sempit. Jakarta: Penebar Swadaya.

Supriati, Yati & Ersi Herliana. 2014. 15 Sayuran Organik Dalam Pot. Jakarta: Penebar Swadaya.


No comments:

Post a Comment