BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Menapaki kehidupan yang kian
menggeliat akan kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi,
tentu saja mengundang banyak cendikiawan untuk terus bereksplorasi dan berlomba
lomba menciptakan teknologi terbaru kian mudah dan praktis. Pada dasrnya
komputer yang kita gunakan saat ini, tidak serta merta datang begitu saja,
melainkan melalui beberapa tahapan yang kompleks dalam evolusinya.
Seiring dengan perkembangan zaman
yang sangat pesat khususnya di
negara-negara yang sudah maju seperti Amerika, Eropa, Jepang dan lain
sebagainya. Negara-negara tersebut
adalah negara yang sudah maju di
bidang teknologi, teknologi mempunyai
peranan yang sangat penting dalam
kehidupan manusia karena dengan adanya
teknologi manusia bisa saling berhubungan dengan mudah. Sekarang teknologi
sudah semakin canggih, teknologi yang paling populer sekarang ini adalah
komputer karena dengan adanya komputer banyak
informasi berharga yang dapat kita ambil
dengan mudah, komputer merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat cepat dan murah.
Kita bisa saja mengingat kembali
mengenai sejarah Abacus, ditemukan di Babilonia irak. Sekitar 5000 tahun yang
lalu. Sebagai alat manual hitungan yang pertama. Baik bagi kalangan sekolah
atau pedagang pada saat itu. Lalu pada tahap selanjutnya, telah banyak
ditemukan berbagai jenis alat hitung mekanikal, seperti pascaline, yang
ditemukan oleh blaine pascal pada tahun 1642. Arithometer oleh charles xavier
thomas de colmar pada tahun 1820. Babbages folly oleh charles babbage,
pada tahun 1822. Dan hollerith, oleh herman hollerith, pada tahun 1889.
Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya, tanpa tenaga listrik. Ukuran dan
struktur komputernya masih berdasarkan tingkat kerumitan dan pola pengoperasian
perhitungan yang dilakukan. Sampai akhirnya, barulah pada tahun 1940, era
komputer elektrik dimulai. Sejak ditemukannya penemuan komputer elektrik yang
menerapkan sistem operasi aljabar boolean.
Sehubungan dengan hal ini di atas
penulis membahas tentang “Sejarah perkembangan komputer ”.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan
komputer?
2.
Apa yang anda ketahui mengenai
klasifikasi komputer ?
3.
Ada berapa generasi perkembangan
sejarah komputer?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui yang dimaksud
dengan komputer.
2.
Untuk
mengetahui klasifikasi computer.
3.
Untuk mengetahui sejarah
perkembangan komputer.
D. Manfaat
Manfaat penulisan makalah ini ialah
agar kita selaku mahasiswa dapat mengetahui sejarah komputer dan
perkembangannya, bukan hanya tahu menggunakannya tetapi juga tahu bagaimana
awal mula komputer dan perkembangannya hingga sekarang.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Definisi Komputer
- Komputer adalah alat elektronik atau mesin yang dapat diprogram
untuk menerima data dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna (Ukar,
2006).
- Selain itu, menurut Robert H. Blismer, komputer merupakan alat
hitung elektronik yang mampu melaksanakan tugas antara lain menerima
input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan
perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan
operasi-operasi logik (Suyanto, 2005).
- Jaringan komputer
adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau
lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya restart, shutdown,
atau melakukan kontrol lainnya, maka komputer-komputer tersebut bukan autonomous
(tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh)
(Melwin Syafrizal, 2005).
- Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas menerima input, mengolahnya, dan menyediakan output berupa hasil komputasi. Hasil komputasi akan dikonversi menjadi data visual yang dapat dilihat dengan menggunakan monitor atau Video Display Terminal (Humaidi, 2005).
- Sekitar 100 juta penduduk Amerika Serikat menggunakan komputer dalam pekerjaannya sehari-hari (Izquierdo, 2010).
B. Sejarah Komputer berdasarkan Perkembangan Hardware
1.
Alat
Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Abacus,
yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di
beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin
komputasi. Alat ini
memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji - bijian
geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan Abacus
untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan
kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
Setelah
hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun
1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel
calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak
persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar
bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan
alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya
terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun
1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz
(1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan
roda-roda gerigi.
2.
Komputer
Generasi Pertama (1946-1959)
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, Negara - negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis
yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada
tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3,
untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan
kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah
kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang
digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi
perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan, yaitu :
a.
Colossus
bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya
didesain untuk memecahkan kode rahasia.
b.
Keberadaan
mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu
menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur
Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik
untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola
kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic
Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai
elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen
mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk
setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).
Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan
yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic
Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama
antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari
18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, computer
tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar
160kW.
Komputer ini
dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980).
ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang
bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada
pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang
hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann
mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic
Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah
memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan
komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya
kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral
(CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan
model arsitektur von Neumann tersebut.
3.
Komputer
Generasi Kedua (1959-1964)
Pada tahun 1948,
penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin - mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam
komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti - magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,
lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para
pendahulunya.
Mesin pertama yang
memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer. IBM membuat super
komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer - komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom,
dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan
oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks
untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada
dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di
Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development
Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an,
mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer - komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen - komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
4.
Komputer
Generasi Ketiga (1964-1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan
panas yang cukup
besar, yang
dapat berpotensi
merusak
bagian bagian
internal
komputer. Batu kuarsa
(quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam
sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke dalam suatu chip
tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya,
komputer menjadi
semakin kecil
karena komponen komponen dapat
dipadatkan
dalam chip.
Kemajuan komputer
generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system)
yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
5.
Komputer
Generasi Keempat (1979-Sekarang)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan
ukuran sirkuit dan
komponen komponen elektrik. Large
Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1980an, Very
Large
Scale Integration (VLSI) memuat ribuan
komponen dalam
sebuah chip
tunggal.
UltraLarge Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak
komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam
mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh
komponen dari sebuah komputer (central
processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah
chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas
tertentu yang
spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat
diproduksi
dan kemudian diprogram untuk
memenuhi seluruh kebutuhan yang
diinginkan. Tidak
lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,
televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection
dilengkapi dengan
mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang orang biasa untuk
menggunakan
komputer biasa. Komputer tidak
lagi
menjadi
dominasi
perusahaan perusahaan
besar atau
lembaga pemerintah. Pada pertengahantahun
1970an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum.
Komputer
komputer
ini, yang
disebut mini komputer,
dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling
populer pada saat
itu adalah
program
word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980an, video game seperti Atari 2600 menarik
perhatian konsumen
pada komputer rumahan yang
lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun
1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit
di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer
melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih
kecil, dari
komputer yang berada di
atas
meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat
dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing
dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh
menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara
saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga
mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
6.
Komputer
Generasi Kelima
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki
nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual,
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin
realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara
lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa
asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas
tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari
bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian
ketimbang sekedar menterjemahkan kata kata secara langsung.
Banyak kemajuan di
bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer
generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan
pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model Von Neumann. Model Von Neumann
akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk
bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan
apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara
yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.
Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk
merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah
gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi
di dunia.
C.
Sejarah Komputer berdasarkan Perkembangan Software
1.
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungansambungan
kabel
ke
antar bagian dalam Komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan
komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk
sebuah mesin untuk tujuan
tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan
dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di
kerjakan komputer berupa print out.
Proses yang di lakukan di
dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses. Contoh komputer pada era
ini adalah komputer ENIAC.
2.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan
komputer sudah banyak di gunakan, tidak
hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja,
tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat
Menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak
mulai bergeser menjadi sebuah produk. Barisbaris perintah perangkat lunak
yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satusatu,
tapi
sudah seperti banyak proses yang di
lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah
perangkat lunak
mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi
user)
secara cepat/langsung
(real
time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3.
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan
komputer di era ini,
perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang
bertugas
menangani internal dan perangkat lunak aplikasi
yang digunakan
secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi
yang ada
di dalam
perangkat
lunak mengarah
ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4.
Era Modern
Saat ini
perangkat lunak sudah terdapat dimana
mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan
25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti
telepon, TV, hingga ke mesin cuci,
AC
dan microwave, telah di tanamkan perangkat
lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan
itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan
dapat saling terhubung.
Pembuatan sebuah perangkat
lunak bukan
lagi
pekerjaan
segelentir orang, tetapi
telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses
yang melibatkan berbagai
disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di
tunjukkan
oleh perangkat lunak pun semakin meningkat,
selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal
suara dan gambar.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari makalah yang telah disusun,
penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dari dulu sampai sekarang teknologi
tidak pernah tetap, selalu berubah. Seperti halnya komputer, manusia yang
dilengkapi akal oleh yang Maha Kuasa selalu menemukan cara baru dalam
mempercanggih dunia teknologi. Komputer dari awal mulanya ditemukan sampai
sekarang bisa kita lihat perkembangannya. Dan bukan cuma sampai disini,
perkembangan komputer masih berlanjut hingga masa depan.
B.
Saran
Saran dari penulis agar para pembaca
yang budiman dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis
demi sempurnanya makalah ini, dan juga agar para pembaca tidak hanya berhenti
mencari tahu tentang perkembangan komputer tetapi terus-menerus mencari dan
mengetahui perkembangan komputer kedepannya. Semoga makalah ini berguna bagi
penulis dan juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Agung Setiawan, 2004. Pengantar Sistem Komputer, cetakan
kedua, Informatika, Bandung.
2.
Arifin,
H., 2009. Panduan Membeli Komputer Murah dan Berkualitas. Yogyakarta: Andi.
3.
Budi Sutedjo, 2004. Konsep & Perancangan Jaringan Komputer
Bangunan Satu Lantai, Gedung Bertingkat
& Kawasan, Andi, Yogyakarta.
4.
Humaidi
S. 2005. Dampak Radiasi Monitor Komputer. Medan : Universitas sumatera
Utara.
5.
Izquierdo,
N.J., 2010. Computer Vision Syndrome. Available from
6.
Suyanto,
M., 2005. Pengantar Teknologi Informasi untuk Bisnis. Yogyakarta: Andi
7.
Syafrizal, Melwin Daulay, 2007.
Mengenal Hardware Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer.
Yogyakarta: Andi.
8.
Ukar,
2006. Student Guide Series Pengenalan Komputer. Elex Media Komputindo. ISBN 979-20-8802-4.
|
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami penjatkan kehadirat
Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan
makalah Aplikasi Komputer dengan judul “Sejarah Perkembangan Komputer”.
Dalam Penulisan makalah ini kami merasa
masih banyak kekurangan - kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi,
mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari
semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini kami
menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang
membantu dalam menyelesaikan makalah ini
Kami berharap semoga Allah memberikan
imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat
menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.
Watampone, 06 Juli 2014
Penulis
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA
PENGANTAR....................................................................................................i
DAFTAR ISI.................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
DAFTAR ISI.................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.................................................................................................1
B. Rumusan Masalah............................................................................................2
C. Tujuan
Penulisan.............................................................................................2
D. Manfaat………………………………………………………………………3
BAB II PEMBAHASAN
A. Definisi Komputer…………………………………………………………...4
B. Sejarah
Komputer berdasarkan Perkembangan Hardware……………………5
C. Sejarah
Komputer berdasarkan Perkembangan Software……………….…..14
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan....................................................................................................17
B.
Saran..............................................................................................................17
DAFTAR PUSTAKA
|
MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Makalah Ini Diajukan Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok Pada
Mata Kuliah Aplikasi Komputer
Jurusan Tarbiyah Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam
Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri (STAIN) Watampone
Disusun Oleh :
NOPIANA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
WATAMPONE
|
2014
No comments:
Post a Comment