Wednesday 20 December 2017

MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Menapaki kehidupan yang kian menggeliat akan kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi, tentu saja mengundang banyak cendikiawan untuk terus bereksplorasi dan berlomba lomba menciptakan teknologi terbaru kian mudah dan praktis. Pada dasrnya komputer yang kita gunakan saat ini, tidak serta merta datang begitu saja, melainkan melalui beberapa tahapan yang kompleks dalam evolusinya.
Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat  khususnya di negara-negara yang sudah maju seperti Amerika, Eropa, Jepang dan lain sebagainya. Negara-negara tersebut  adalah negara yang sudah  maju di bidang  teknologi, teknologi mempunyai peranan yang sangat penting  dalam kehidupan manusia  karena dengan adanya teknologi   manusia bisa saling  berhubungan dengan mudah. Sekarang teknologi sudah semakin canggih, teknologi yang paling populer sekarang ini adalah komputer karena dengan adanya komputer  banyak informasi  berharga yang dapat  kita ambil  dengan mudah, komputer merupakan salah satu  alat komunikasi  yang sangat cepat dan murah.
Kita bisa saja mengingat kembali mengenai sejarah Abacus, ditemukan di Babilonia irak. Sekitar 5000 tahun yang lalu. Sebagai alat manual hitungan yang pertama. Baik bagi kalangan sekolah atau pedagang pada saat itu. Lalu pada tahap selanjutnya, telah banyak ditemukan berbagai jenis alat hitung mekanikal, seperti pascaline, yang ditemukan oleh blaine pascal pada tahun 1642. Arithometer oleh charles xavier thomas  de colmar pada tahun 1820. Babbages folly oleh charles babbage, pada tahun 1822. Dan hollerith, oleh herman hollerith, pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya, tanpa tenaga listrik. Ukuran dan struktur komputernya masih berdasarkan tingkat kerumitan dan pola pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Sampai akhirnya, barulah pada tahun 1940, era komputer elektrik dimulai. Sejak ditemukannya penemuan komputer elektrik yang menerapkan sistem operasi aljabar boolean.
Sehubungan dengan hal ini di atas penulis membahas tentang “Sejarah perkembangan komputer ”.

B.        Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan komputer?
2.      Apa yang anda ketahui mengenai klasifikasi komputer ?
3.      Ada berapa generasi perkembangan sejarah komputer?

C.       Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui yang dimaksud dengan komputer.
2.      Untuk mengetahui klasifikasi computer.
3.      Untuk mengetahui sejarah perkembangan komputer.

D.      Manfaat
Manfaat penulisan makalah ini ialah agar kita selaku mahasiswa dapat mengetahui sejarah komputer dan perkembangannya, bukan hanya tahu menggunakannya tetapi juga tahu bagaimana awal mula komputer dan perkembangannya hingga sekarang.


BAB II
PEMBAHASAN

A.       Definisi Komputer
  1. Komputer adalah alat elektronik atau mesin yang dapat diprogram untuk menerima data dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna (Ukar, 2006).
  2. Selain itu, menurut Robert H. Blismer, komputer merupakan alat hitung elektronik yang mampu melaksanakan tugas antara lain menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik (Suyanto, 2005).
  3. Jaringan komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya restart, shutdown, atau melakukan kontrol lainnya, maka komputer-komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh) (Melwin Syafrizal, 2005).
  4. Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas menerima input, mengolahnya, dan menyediakan output berupa hasil komputasi. Hasil komputasi akan dikonversi menjadi data visual yang dapat dilihat dengan menggunakan monitor atau Video Display Terminal (Humaidi, 2005).
  5. Sekitar 100 juta penduduk Amerika Serikat menggunakan komputer dalam pekerjaannya sehari-hari (Izquierdo, 2010).

B.       Sejarah Komputer berdasarkan Perkembangan Hardware
1.         Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji - bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan Abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
2.         Komputer Generasi Pertama (1946-­1959)
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, Negara - negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan, yaitu :
a.         Colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia.
b.        Keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, computer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
3.         Komputer Generasi Kedua (1959-­1964)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin - mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti - magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer. IBM membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer - komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer - komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen - komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
4.         Komputer Generasi Ketiga (1964-­1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor  menghasilkan  panas  yang  cukup  besar,  yang  dapat  berpotensi merusak bagian ­ bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen­komponen ke dalam suatu chip tunggal yang  disebut  semikonduktor.  Hasilnya,  komputer  menjadsemakin  kecil karena komponen ­ komponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
5.         Komputer Generasi Keempat (1979-­Sekarang)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen ­ komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980­an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra­Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut  menjadi  jutaan. Kemampuan untuk  memasang  sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut  juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang ­ orang biasa untuk menggunakan  komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan ­ perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahantahun 1970­an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat  umum. Komputer ­ komputer  ini,  yandisebut  mini komputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti  lunak  yang  paling  populer  pada  saat  itu  adalah  program  word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980­an, video game seperti Atari 2600  menarik  perhatian  konsumen  pada  komputer  rumahan  yang  lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
6.         Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat  muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi ­ fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata ­ kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model Von Neumann. Model Von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan  aliran  elektrik  tanpa  ada  hambatan apapun,  yang  nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,  namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan  membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

C.      Sejarah Komputer berdasarkan Perkembangan Software
1.         Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan­sambungan kabel ke antar bagian dalam Komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses. Contoh komputer pada era ini adalah komputer ENIAC.
2.         Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi  saja,  tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat  Menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris­baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu­satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak     mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3.         Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat  lunak juga berkembang untuk  memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas  menangani internal dan perangkat  lunak  aplikasyandigunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang  ada  di  dalam  perangkat  lunak  mengarah  ke  suatu  jenis  kecerdasan buatan.
4.         Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat dimana ­ mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuciAC dan microwave, telah di tanamkan perangkat  lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat  lunak  bukalagi  pekerjaasegelentir  orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat  lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.















BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari makalah yang telah disusun, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dari dulu sampai sekarang teknologi tidak pernah tetap, selalu berubah. Seperti halnya komputer, manusia yang dilengkapi akal oleh yang Maha Kuasa selalu menemukan cara baru dalam mempercanggih dunia teknologi. Komputer dari awal mulanya ditemukan sampai sekarang bisa kita lihat perkembangannya. Dan bukan cuma sampai disini, perkembangan komputer masih berlanjut hingga masa depan.

B.       Saran
Saran dari penulis agar para pembaca yang budiman dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini, dan juga agar para pembaca tidak hanya berhenti mencari tahu tentang perkembangan komputer tetapi terus-menerus mencari dan mengetahui perkembangan komputer kedepannya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis dan juga para pembaca yang budiman pada umumnya.





DAFTAR PUSTAKA

1.        Agung Setiawan, 2004. Pengantar Sistem Komputer, cetakan kedua, Informatika, Bandung.

2.        Arifin, H., 2009. Panduan Membeli Komputer Murah dan Berkualitas. Yogyakarta:  Andi.

3.        Budi Sutedjo, 2004. Konsep & Perancangan Jaringan Komputer Bangunan Satu Lantai,  Gedung Bertingkat & Kawasan, Andi, Yogyakarta.

4.        Humaidi S. 2005. Dampak Radiasi Monitor Komputer. Medan : Universitas sumatera Utara.

5.        Izquierdo, N.J., 2010. Computer Vision Syndrome. Available from

6.        Suyanto, M., 2005. Pengantar Teknologi Informasi untuk Bisnis. Yogyakarta: Andi

7.        Syafrizal, Melwin Daulay, 2007. Mengenal Hardware Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer. Yogyakarta: Andi.

8.        Ukar, 2006. Student Guide Series Pengenalan Komputer. Elex Media Komputindo. ISBN 979-20-8802-4.












 
 


KATA PENGANTAR
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjobtky6o4sXgjN8-q3muzs_Qe_yV8WcummWAhdJb-LJTu_SMCxcDxinnW_RTdtzg4qAtPCWZxa4a3zb8TNixXN0IzcAiAvcrLxcKz90CW1NtMnjOxHxdADQdFwbhrL62h0LkJzNQ103A/s1600/basmallah_t.gif

Puji syukur kami penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah Aplikasi Komputer  dengan judul “Sejarah Perkembangan Komputer”.
Dalam Penulisan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan - kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini
Kami berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.


Watampone, 06  Juli  2014

    Penulis



i
 
 


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR....................................................................................................i
DAFTAR ISI..............................................................................
...................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang.................................................................................................1
B.       Rumusan Masalah............................................................................................2
C.       Tujuan Penulisan.............................................................................................2
D.       Manfaat………………………………………………………………………3

BAB II PEMBAHASAN
A.       Definisi Komputer…………………………………………………………...4
B.       Sejarah Komputer berdasarkan Perkembangan Hardware……………………5
C.       Sejarah Komputer berdasarkan Perkembangan Software……………….…..14

BAB III PENUTUP
A.       Kesimpulan....................................................................................................17
B.       Saran..............................................................................................................17

DAFTAR PUSTAKA








ii
 
 


MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTJ4n6cb9bUT5LrudbHIXswoXJCK2GbhD8RJhJg8NmUtBiggcJOX0fcoH6GkOsy6GNLgtqNoKKrQrSUkZymcLOYyAfPgLhp1Dd6XNyNndpqQNhSMdW2yYaffdjiRgPAcZ6uWIyne0jwJk/s1600/STAIN-coq.bmp

Makalah Ini Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok Pada
Mata Kuliah Aplikasi Komputer Jurusan Tarbiyah Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Agama
 Islam Negeri (STAIN) Watampone

Disusun Oleh :

NOPIANA










SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
WATAMPONE



 
2014

No comments:

Post a Comment