Tuesday, 19 December 2017

KISI-KISI PENULISAN SOAL UAS I 2016-2017

KISI-KISI PENULISAN SOAL UAS I

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                
GUGUS                                      : I
MATA PELAJARAN                            : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                     : IV / I (GANJIL)
JUMLAH SOAL                          : 40 (25 PG, 10 ISIAN, 5 URAIAN)
TAHUN PELAJARAN                          : 2016/2017

NO
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
RUMUSAN SOAL
BENTUK
 SOAL
NOMOR
SOAL
KUNCI JAWABAN
BOBOT SOAL
1.
MENDENGARKAN
1.1.  Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.


















1.1.1    Siswa mencatat isi petunjuk sesuai yang di dengar.
1.1.2    Membuat sketsa petunjuk sesuai dengan yang didengar
1.1.3   Membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah.
Denah
-     Peserta didik dapat membuat denah berdasarkan petunjuk.

36.     Sebelum membuat denah berdasarkan petunjuk orang lain, kita perlu memperhatikan 3 hal sebutkan!
URAIAN
36
1.          Mendengarkan petunjuk arah tempat yang dijelaskan oleh orang tersebut dengan baik.
2.          Mencatat hal-hal yang penting.
3.          membuat denah sederhana berdasarkan catatan.
3
-     Peserta didik dapat menemukan letak suatu tempat.
1.     Jika ingin menemukan letak suatu tempat, kita memerlukan…
a.      buku       b.  jam     c.   denah      d.   skala
PG
1
c
1
-     Peserta didik dapat menggambarkan denah.
37.     Gambarlah denah perjalanan dari rumah ke sekolahmu!
URAIAN
37
Bervariasi gambar peserta
3










1.2.  Menjelaskan kembali secara lisan atau tulisan penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps

















1.2.1    Mencatat arti simbol daerah / lambang korps.
1.2.2    Menjelaskan kembali arti simbol daerah / lambang korps.
1.2.3   Menggambar simbol daerah.
Simbol daerah / lambang korps.
-     Peserta didik dapat menuliskan pengertian slogan
38.  Apa maksud makna slogan “Tut Wuri Handayani”?
URAIAN
38
Memberi dukungan moral, memberi semangat dari belakang.
3
-     Peserta didik dapat menjelaskan arti simbol.
26.  Burung Garuda merupakan lambing Negara …
ISIAN
26
Indonesia
1
-     Peserta didik dapat menuliskan symbol dalam perisai.
34.  Di dalam perisainya terdapat symbol-simbol melambangkan sila-sila….
ISIAN
34
Pancasila
1
-     Peserta didik dapat menyebutkan artti symbol pada burung garuda.
3.     Arti Simbol Rantai pada Burung Garuda melambangkan sila…..
a.      Ketuhanan Yang Maha Esa
b.     Kemanusiaan yang adil dan beradab
c.      Persatuan Indonesia
d.     Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
PG
3
b
1
-     Peserta didik dapat menggambarkan salah satu simbol daerah.
39.  Gambarlah salah satu simbol daerah yang kamu ketahui!
URAIAN
39
Bervariasi jawaban siswa.
3



-      





2.
BERBICARA
2.1   Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar sesuai dengan kalimat yang runtut.

-      









-      






2.1.1    Mencatat ciri-ciri bagian tempat di Kecamatan.
2.1.2    Menjelaskan letak suatu tempat sesuai dengan cirri-ciri pada denah.
2.1.3   Membuat gambar letak sekolah di lingkungan kelurahan.
Objek di Lingkungan Kelurahan / Kecamatan
-     Peserta didik dapat menyebutkan lokasi Kantor Kecamatan
4.     Lokasi Kantor Kecamatan Tanete Riattang
a.      Jl. Makmur            c.   Jl. MH. Thamrin
b.     Jl. Vetran               d.   Jl. Ahmad Yani
PG
4
c

1

-     Peserta didik dapat menyebutkan salah satu letak Kantor.
5.     Letak Kantor Pos
a.      Berhadapan Taman Bunga
b.     Berhadapan Rumah Sakit
c.      Berhadapan Kantor Telkom
d.     Berhadapan Kantor Lurah
PG
5
a
1
-     Peserta didik dapat menggambar denah sekolahnya masing-masing.
40.  Gambarlah denah sekolahnya masing-masing!
URAIAN
40
Bervariasi gambar siswa
3










2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.

















2.2.1   Membaca petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya.
2.2.2   Menuliskan petunjuk pemakaian suatu alat.
Petunjuk penggunaan alat.
-     Peserta didik dapat menggunakan petunjuk penggunaan obat.
6.     Sebelum menggunakan obat, kita…..
a.      Membaca petunjuk
b.     Langsung di minum
c.      Di cairkan
d.     langsung di telan
PG
6
a
1
-     Peseta didik dapat menjelaskan penggunaan alat.
7.     Perhatikan petunjuk penggunaan alat berikut:
1)     Tancapkan steker ke stop kontak
2)     Tekan tombol power
3)     Pilih channel sesuai acara yang kamu mau
4)     tekan tombol volume untuk membesarkan atau mengecilkan suara
Petunjuk diatas merupakan petunjuk penggunaan…
a.      Menyalakan TV    c.   Menyalakan radio
b.     Mematikan TV      d.   Mematikan radio
PG
7
a
1









3.
MEMBACA
3.1.  Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200) dengan cara membaca sekilas.

.


















3.1.1    Membaca beragam teks agak panjang 150-200 kata dengan intonasi yang sesuai dengan isi teks sehingga dapat dipahami orang lain.
3.1.2    Mencatat  pikiran pokok tiap paragraph
3.1.3   Mengajukan pertanyaan sesuai dengan isi teks
3.1.4   Menjawab pertanyaan tentang isi teks
3.1.5   Menjelaskan isi teks dengan intonasi yang sesuai
3.1.6   Menyimpulkan isi teks bacaan
Teks agak panjang 150-200 kata
-     Peserta didik dapat memahami teks
8.     Berikut merupakan beberapa penyakit akibat merokok, kecuali….
a.      Kanker
b.     Panu
c.      Jantung
d.     Paru
PG
8
b
1
-     Peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan isi teks
9.     Orang yang sudah lama mempunyai kebiasaan merokok tidak mudah untuk berhenti. Hal ini karena rokok mengandung zat…..
a.      Karbohidrat
b.     Protein
c.      Vitamin
d.     Nikotin
PG
9
d
1
-     Peserta didik dapat menjelaskan isi teks
10.  Pikiran pokok terdapat pada ….
a.      Kalimat utama
b.     Baris pertama
c.      Baris terakhir
d.     Pertengahan alinea
PG
10
a
1
-     Peserta didik dapat menempatkan kata depan pada kalimat
11.  Penulisan kata depan ke pada kalimat berikut ini benar, kecuali….
a.      Petugas pemadam kebakaran meminta kami keluar dari gedung karena api telah membesar.
b.     “Kemarilah, Nak, kata Nenek kepada Bintang.
c.      Kemanapun ibunya pergi, dia selalu ingin ikut.
d.     Mia menyerahkan bingkisan itu kepada ibunya.
PG
11
d
1










3.2        Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.

-      















3.2.1    Membaca petunjuk penggunaan obat pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya
3.2.2   Menjelaskan urusan petunjuk obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.
3.2.3   Menuliskan urusan petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.
3.2.4   Melakukan kegiatan sesuai petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.
Petunjuk pemakaian
-     Peserta didik dapat menjelaskan penggunaan alat
12.  Alat yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa pasien tersebut…..
a.      Mikroskop
b.     Sekop
c.      Stetoskop
d.     Teleskop
PG
12
c
1
-     Peserta didik dapat menentukan urusan petunjuk obat, pupuk, alat rumah tangga dan sebagainya.
13.  Mira diminta ibunya untuk menebus obat yang diberikan dokter. Mira menebusnya di ….
a.      IGD
b.     Apotek
c.      Ruang Dokter
d.     Tempat informasi
PG
13
b
1
-     Peserta didik dapat menggunakan alat rumah tangga dan sebagainya.
14.  Jika ingin mendengarkan suara lebih keras, kita harus ….
a.      Menekan tombol On
b.     Menekan tombol Off
c.      Memutar tombol volume
d.     Memutar tombol tuning
PG
14
c
1
-     Peserta didik dapat melakukan kegiatan sesuai petunjuk.
27.  Langkah awal menggunakan radio yaitu ….

28.  Ketika menyampaikan penjelasan petunjuk penggunakan alat, suara harus …..


29.  Fungsi tombol tuning pada radio, yaitu untuk…
15.  Alat rumah tangga, kecual ….
a.      TV
b.     Radio
c.      AC
d.     Raket bulutangkis
ISIAN

ISIAN



ISIAN
PG
27

28



29
15
Tancapkan steker ke stop kontak

Besar



Mencari siaran
d
1

1



1
1










3.3       Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedia melalui membaca memindai

















3.3.1    Mengidentifikasi kata sulit dari bacaan
3.3.2    Membaca kamus sesuai dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencari arti kata
3.3.3    Mencatat arti dari kata-kata sulit
3.3.4    Membuat kalimat menggunakan kata-kata yang sulit
Penggunaan kamus / ensiklopedia
-     Peserta didik dapat menentukan Kata Dasar.
16.  Perlombaan lari dilaksanakan di lapangan. Kata dasar dari perlombaan adalah ….
a.      Lombaan
b.     Lomba
c.      Lombah
d.     Lomb.
PG

16

b
1

-     Peserta didik dapat melengkapi kalimat.
17.  Menjaga …. Kita rajin berolahraga.
Untuk mengisi titik-titik kata yang cocok.
a.      Kebersihan
b.     Kesehatan
c.      Keserasian
d.     Ketinggalan

PG

17
b
1
-     Peserta didik dapat menuliskan sinonim kata.
19. Sinonim atau persamaan kata Stamina adalah ….
a.      Kekuatan
b.     Energi
c.      Kesehatan
d.     Kebersihan
PG

19

c

1

-     Peserta didik dapat menggunakan kata-kata sulit
20.  Penulisan kalimat yang benar ….
a.      Andi minum susuh
b.     Andi minum susu
c.      Andi minuman susu
d.     Andi di minum susu




PG



20

b

1









  4.
MENULIS
4.1    Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)

















4.1.1. Menentukan isi percakapan
4.1.2. Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan menggunakan ejaan yang tepat
4.1.3. Membaca percakapan secara berpasangan / kelompok
4.1.4. Memperagakan percakapan di depan kelas secara berpasangan / kelompok
4.1.5. Menarasikan percakapan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Teks percakapan yang belum selesai.
-     Peserta didik dapat menentukan judul percakapan
21.  Sebelum melakukan percakapan sebaiknya ditentukan ….
a.      Isi percakapan
b.     Judul
c.      Tema
d.     Pokok pikiran
PG
21
a

1
-     Peserta didik dapat melengkapi percakapan dengan ejaan yang benar
22.  Untuk menjawab perkataan, Agus, sudah selesai Pak, rapatnya?
Tepatnya ….
a.      Ya
b.     Baru saja, sepuluh menit yang lalu
c.      Ok
d.     Sudah
PG
22
b
1
-     Peserta didik dapat menuliskan percakapan
23.  Percakapan Wiwis dengan Bapaknya.
Wiwis :  Pukul berapa kerja bakti dimulai? Jawaban Bapak kalau ditulis ….
a.      Pukul 08.00 pagi
b.     Jam 08 pagi
c.      Jam 8
d.     Jam 8.00
PG
23
a
1
-     Peserta didik dapat menuliskan kalimat percakapan yang benar


24.  Penulisan kalimat yang benar …
a.      Di mana kamu periksa?
b.     Dimana kamu periksa?
c.      di  mana kamu periksa?
d.     dimana Kamu periksa?
PG
24
a
1
-     Peserta didik dapat memperhatikan penggunaan ejaan
18.  Cucilah piring dan sendokmu. Kemudian letakkan di raknya.
a.      Makan
b.     Minum
c.      Mandi
d.     Tidur
PG
18
a
1










4.2     Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu.


















4.2.1   Menulis petunjuk cara membuat sesuatu alat sederhana
4.2.2   Menjelaskan petunjuk cara membuat suatu alat sederhana
Penjelasan tentang cara melakukan sesuatu
-     Peserta didik dapat menyebutkan bahan untuk membuat sesuatu.
25.  Bahan utama untuk membuat gula merah, kecuali ….
a.      Air nira
b.     Kelapa aren
c.      Sewalan
d.     Santan
PG
25
d
1
-     Peserta didik dapat menjelaskan petunjuk cara pengambilan bahan untuk membuat sesuatu.
30.  Nira diambil dengan cara menyadap pohon ….

31.  Pengentalan nira dengan cara ….
ISIAN

ISIAN
30

31
Aren (sagu)

Perebusan
1

1










4.3     Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata / kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu.


















4.3.1   Melengkapi bagian awal, tengah, atau akhir cerita yang hilang sehingga cerita menjadi utuh dengan menggunakan kata / kalimat yang tepat.
4.3.2   Membaca cerita yang sudah lengkap dengan intonasi yang tepat.
Cerita narasi
-     Peserta didik dapat melengkapi kalimat yang belum lengkap.
32.  Dengan adanya hutan yang masih lebat dan subur, manusia dapat terhindar dari bencana banjir dan ….
ISIAN
32

Tanah longsor

1
-     Peserta didik dapat membaca kalimat dengan intonasi yang tepat.
















4.4     Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma)


















4.4.1. Menjelaskan bagian-bagian dari surat
4.4.2. Menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik dan menggunakan EYD yang tepat.
Penulisan surat yang benar (kalimat pembuka, isi dan penutup surat. EYD)
-     Peserta didik dapat membedakan dua jenis surat.
33.  Surat terdiri atas dua jenis, yaitu …… dan …….

2.     Surat resmi disebut juga surat ……
a.      Surat Dinas
b.     Surat Pribadi
c.      Surat Penting
d.     Surat tidak penting
ISIAN

PG
33

2
Surat resmi dan surat pribadi


a
1

1
-     Peserta didik dapat menulis surat dan menggunakan EYD yang tepat.
35.  Salam penutup pada surat ditulis dengan huruf kapital pada awal katanya, dan diikuti dengan ….
ISIAN
35
Tanda koma
1




Mengetahui
Pembina Soal





ANDI DARNAWATI, S. Pd
NIP : 19711028 199803 2 011


Watampone, ……………………………… 2016
Pembuat Soal





ANDI  SIMPURU, S. Pd
NIP: 19661231 198611 2 027



No comments:

Post a Comment