KISI-KISI PENULISAN
SOAL UAS I
GUGUS : I
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : IV / I (GANJIL)
JUMLAH
SOAL : 40 (25 PG, 10 ISIAN, 5 URAIAN)
TAHUN
PELAJARAN :
2016/2017
NO
|
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
RUMUSAN SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
BOBOT SOAL
|
1.
|
MENDENGARKAN
1.1. Membuat gambar/denah berdasarkan
penjelasan yang didengar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1.1 Siswa mencatat isi petunjuk sesuai yang di dengar.
1.1.2 Membuat sketsa petunjuk sesuai dengan yang
didengar
1.1.3 Membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah.
|
Denah
|
-
Peserta didik
dapat membuat
denah berdasarkan petunjuk.
|
36. Sebelum membuat denah berdasarkan petunjuk orang
lain, kita perlu memperhatikan 3 hal sebutkan!
|
URAIAN
|
36
|
1.
Mendengarkan petunjuk arah tempat yang dijelaskan oleh orang tersebut
dengan baik.
2.
Mencatat hal-hal yang penting.
3.
membuat denah sederhana berdasarkan catatan.
|
3
|
- Peserta didik dapat menemukan letak suatu tempat.
|
1. Jika ingin menemukan letak suatu tempat, kita
memerlukan…
a. buku
b. jam c.
denah d. skala
|
PG
|
1
|
c
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menggambarkan denah.
|
37. Gambarlah denah perjalanan dari rumah ke sekolahmu!
|
URAIAN
|
37
|
Bervariasi gambar peserta
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tulisan
penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.1
Mencatat arti simbol daerah / lambang korps.
1.2.2
Menjelaskan kembali arti simbol daerah / lambang korps.
1.2.3
Menggambar simbol daerah.
|
Simbol daerah / lambang
korps.
|
-
Peserta didik dapat menuliskan pengertian slogan
|
38. Apa maksud makna slogan “Tut Wuri Handayani”?
|
URAIAN
|
38
|
Memberi
dukungan moral, memberi semangat dari belakang.
|
3
|
-
Peserta didik dapat menjelaskan arti simbol.
|
26. Burung Garuda merupakan lambing Negara …
|
ISIAN
|
26
|
Indonesia
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menuliskan symbol dalam perisai.
|
34. Di dalam perisainya terdapat symbol-simbol
melambangkan sila-sila….
|
ISIAN
|
34
|
Pancasila
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menyebutkan artti symbol pada burung garuda.
|
3.
Arti Simbol Rantai pada Burung Garuda melambangkan sila…..
a.
Ketuhanan Yang Maha Esa
b.
Kemanusiaan yang adil dan beradab
c.
Persatuan Indonesia
d.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
|
PG
|
3
|
b
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menggambarkan salah satu simbol daerah.
|
39. Gambarlah salah satu simbol daerah yang kamu
ketahui!
|
URAIAN
|
39
|
Bervariasi jawaban siswa.
|
3
|
|||
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
2.
|
BERBICARA
2.1
Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar sesuai dengan
kalimat yang runtut.
|
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
|
|
|
|
|
|
2.1.1
Mencatat ciri-ciri bagian tempat di Kecamatan.
2.1.2
Menjelaskan letak suatu tempat sesuai dengan cirri-ciri pada denah.
2.1.3
Membuat gambar letak sekolah di lingkungan kelurahan.
|
Objek
di Lingkungan Kelurahan / Kecamatan
|
-
Peserta didik dapat menyebutkan lokasi Kantor Kecamatan
|
4.
Lokasi Kantor Kecamatan Tanete Riattang
a. Jl. Makmur c. Jl. MH. Thamrin
b. Jl. Vetran d.
Jl. Ahmad Yani
|
PG
|
4
|
c
|
1
|
-
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu letak Kantor.
|
5. Letak Kantor Pos
a.
Berhadapan Taman Bunga
b.
Berhadapan Rumah Sakit
c.
Berhadapan Kantor Telkom
d.
Berhadapan Kantor Lurah
|
PG
|
5
|
a
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menggambar denah sekolahnya masing-masing.
|
40. Gambarlah denah sekolahnya masing-masing!
|
URAIAN
|
40
|
Bervariasi
gambar siswa
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan
bahasa yang baik dan benar.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.1
Membaca petunjuk penggunaan alat dan sejenisnya.
2.2.2
Menuliskan petunjuk pemakaian suatu alat.
|
Petunjuk
penggunaan alat.
|
-
Peserta didik dapat menggunakan petunjuk penggunaan obat.
|
6.
Sebelum menggunakan obat, kita…..
a. Membaca petunjuk
b. Langsung di minum
c. Di cairkan
d. langsung di telan
|
PG
|
6
|
a
|
1
|
-
Peseta didik dapat menjelaskan penggunaan alat.
|
7.
Perhatikan petunjuk penggunaan alat berikut:
1)
Tancapkan steker ke stop kontak
2)
Tekan tombol power
3)
Pilih channel sesuai acara yang kamu mau
4)
tekan tombol volume untuk membesarkan atau mengecilkan suara
Petunjuk diatas merupakan petunjuk penggunaan…
a. Menyalakan TV
c. Menyalakan radio
b. Mematikan TV
d. Mematikan radio
|
PG
|
7
|
a
|
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
MEMBACA
3.1.
Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200) dengan cara membaca
sekilas.
|
|
.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1.1 Membaca beragam teks agak panjang 150-200 kata
dengan intonasi yang sesuai dengan isi teks sehingga dapat dipahami orang
lain.
3.1.2 Mencatat pikiran pokok tiap paragraph
3.1.3 Mengajukan pertanyaan sesuai dengan isi teks
3.1.4 Menjawab pertanyaan tentang isi teks
3.1.5 Menjelaskan isi teks dengan intonasi yang sesuai
3.1.6 Menyimpulkan isi teks bacaan
|
Teks
agak panjang 150-200 kata
|
-
Peserta didik dapat memahami teks
|
8.
Berikut merupakan beberapa penyakit akibat merokok, kecuali….
a.
Kanker
b.
Panu
c.
Jantung
d.
Paru
|
PG
|
8
|
b
|
1
|
-
Peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan isi teks
|
9. Orang yang sudah lama mempunyai kebiasaan merokok
tidak mudah untuk berhenti. Hal ini karena rokok mengandung zat…..
a.
Karbohidrat
b.
Protein
c.
Vitamin
d.
Nikotin
|
PG
|
9
|
d
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menjelaskan isi teks
|
10. Pikiran pokok terdapat pada ….
a. Kalimat utama
b. Baris pertama
c. Baris terakhir
d. Pertengahan alinea
|
PG
|
10
|
a
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menempatkan kata depan pada kalimat
|
11. Penulisan kata depan ke pada kalimat berikut ini
benar, kecuali….
a. Petugas pemadam kebakaran meminta kami keluar dari
gedung karena api telah membesar.
b. “Kemarilah, Nak, kata Nenek kepada Bintang.
c. Kemanapun ibunya pergi, dia selalu ingin ikut.
d. Mia menyerahkan bingkisan itu kepada ibunya.
|
PG
|
11
|
d
|
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.
|
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.1
Membaca petunjuk penggunaan obat pupuk, alat rumah tangga dan
sebagainya
3.2.2
Menjelaskan urusan petunjuk obat, pupuk, alat rumah tangga dan
sebagainya.
3.2.3
Menuliskan urusan petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah tangga
dan sebagainya.
3.2.4
Melakukan kegiatan sesuai petunjuk penggunaan obat, pupuk, alat rumah
tangga dan sebagainya.
|
Petunjuk
pemakaian
|
-
Peserta didik dapat menjelaskan penggunaan alat
|
12. Alat yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa
pasien tersebut…..
a.
Mikroskop
b.
Sekop
c.
Stetoskop
d.
Teleskop
|
PG
|
12
|
c
|
1
|
-
Peserta didik dapat menentukan urusan petunjuk obat, pupuk, alat rumah
tangga dan sebagainya.
|
13. Mira diminta ibunya untuk menebus obat yang
diberikan dokter. Mira menebusnya di ….
a.
IGD
b.
Apotek
c.
Ruang Dokter
d.
Tempat informasi
|
PG
|
13
|
b
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menggunakan alat rumah tangga dan sebagainya.
|
14. Jika ingin mendengarkan suara lebih keras, kita
harus ….
a.
Menekan tombol On
b.
Menekan tombol Off
c.
Memutar tombol volume
d.
Memutar tombol tuning
|
PG
|
14
|
c
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat melakukan kegiatan sesuai petunjuk.
|
27. Langkah awal menggunakan radio yaitu ….
28. Ketika menyampaikan penjelasan petunjuk penggunakan
alat, suara harus …..
29. Fungsi tombol tuning pada radio, yaitu untuk…
15. Alat rumah tangga, kecual ….
a.
TV
b.
Radio
c.
AC
d.
Raket bulutangkis
|
ISIAN
ISIAN
ISIAN
PG
|
27
28
29
15
|
Tancapkan steker ke stop kontak
Besar
Mencari siaran
d
|
1
1
1
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam
kamus / ensiklopedia melalui membaca memindai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3.1
Mengidentifikasi kata sulit dari bacaan
3.3.2
Membaca kamus sesuai dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencari
arti kata
3.3.3
Mencatat arti dari kata-kata sulit
3.3.4
Membuat kalimat menggunakan kata-kata yang sulit
|
Penggunaan kamus /
ensiklopedia
|
-
Peserta didik dapat menentukan Kata Dasar.
|
16. Perlombaan lari dilaksanakan di lapangan. Kata
dasar dari perlombaan adalah ….
a. Lombaan
b. Lomba
c. Lombah
d. Lomb.
|
PG
|
16
|
b
|
1
|
-
Peserta didik dapat melengkapi kalimat.
|
17. Menjaga …. Kita rajin berolahraga.
Untuk mengisi titik-titik kata yang cocok.
a. Kebersihan
b. Kesehatan
c. Keserasian
d. Ketinggalan
|
PG
|
17
|
b
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menuliskan sinonim kata.
|
19. Sinonim atau persamaan
kata Stamina adalah ….
a.
Kekuatan
b.
Energi
c.
Kesehatan
d.
Kebersihan
|
PG
|
19
|
c
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menggunakan kata-kata sulit
|
20. Penulisan kalimat yang benar ….
a.
Andi minum susuh
b.
Andi minum susu
c.
Andi minuman susu
d.
Andi di minum susu
|
PG
|
20
|
b
|
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
MENULIS
4.1
Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1.1. Menentukan isi percakapan
4.1.2. Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan
menggunakan ejaan yang tepat
4.1.3. Membaca percakapan secara berpasangan / kelompok
4.1.4. Memperagakan percakapan di depan kelas secara
berpasangan / kelompok
4.1.5. Menarasikan percakapan dengan memperhatikan
penggunaan ejaan.
|
Teks
percakapan yang belum selesai.
|
-
Peserta didik dapat menentukan judul percakapan
|
21. Sebelum melakukan percakapan sebaiknya ditentukan
….
a. Isi percakapan
b. Judul
c. Tema
d. Pokok pikiran
|
PG
|
21
|
a
|
1
|
-
Peserta didik dapat melengkapi percakapan dengan ejaan yang benar
|
22. Untuk menjawab perkataan, Agus, sudah selesai Pak,
rapatnya?
Tepatnya ….
a. Ya
b. Baru saja, sepuluh menit yang lalu
c. Ok
d. Sudah
|
PG
|
22
|
b
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menuliskan percakapan
|
23. Percakapan Wiwis dengan Bapaknya.
Wiwis
: Pukul berapa kerja bakti dimulai?
Jawaban Bapak kalau ditulis ….
a. Pukul 08.00 pagi
b. Jam 08 pagi
c. Jam 8
d. Jam 8.00
|
PG
|
23
|
a
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat menuliskan kalimat percakapan yang benar
|
24. Penulisan kalimat yang benar …
a. Di mana kamu periksa?
b. Dimana kamu periksa?
c. di mana
kamu periksa?
d. dimana Kamu periksa?
|
PG
|
24
|
a
|
1
|
|||
-
Peserta didik dapat memperhatikan penggunaan ejaan
|
18. Cucilah piring dan sendokmu. Kemudian letakkan di
raknya.
a. Makan
b. Minum
c. Mandi
d. Tidur
|
PG
|
18
|
a
|
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara
membuat sesuatu.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2.1 Menulis petunjuk cara membuat sesuatu alat
sederhana
4.2.2 Menjelaskan petunjuk cara membuat suatu alat
sederhana
|
Penjelasan
tentang cara melakukan sesuatu
|
-
Peserta didik dapat menyebutkan bahan untuk membuat sesuatu.
|
25. Bahan utama untuk membuat gula merah, kecuali ….
a. Air nira
b. Kelapa aren
c. Sewalan
d. Santan
|
PG
|
25
|
d
|
1
|
-
Peserta didik dapat menjelaskan petunjuk cara pengambilan bahan untuk
membuat sesuatu.
|
30. Nira diambil dengan cara menyadap pohon ….
31. Pengentalan nira dengan cara ….
|
ISIAN
ISIAN
|
30
31
|
Aren (sagu)
Perebusan
|
1
1
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3
Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata
/ kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3.1 Melengkapi bagian awal, tengah, atau akhir cerita
yang hilang sehingga cerita menjadi utuh dengan menggunakan kata / kalimat
yang tepat.
4.3.2 Membaca cerita yang sudah lengkap dengan intonasi
yang tepat.
|
Cerita narasi
|
-
Peserta didik dapat melengkapi kalimat yang belum lengkap.
|
32. Dengan adanya hutan yang masih lebat dan subur,
manusia dapat terhindar dari bencana banjir dan ….
|
ISIAN
|
32
|
Tanah
longsor
|
1
|
-
Peserta didik dapat membaca kalimat dengan intonasi yang tepat.
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita
dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf
besar, tanda titik, tanda koma)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4.1. Menjelaskan bagian-bagian dari surat
4.4.2. Menulis surat tentang pengalaman dan cita-cita
dengan gaya penceritaan yang menarik dan menggunakan EYD yang tepat.
|
Penulisan surat yang benar
(kalimat pembuka, isi dan penutup surat. EYD)
|
-
Peserta didik dapat membedakan dua jenis surat.
|
33. Surat terdiri atas dua jenis, yaitu …… dan …….
2.
Surat resmi disebut juga surat ……
a.
Surat Dinas
b.
Surat Pribadi
c.
Surat Penting
d.
Surat tidak penting
|
ISIAN
PG
|
33
2
|
Surat
resmi dan surat pribadi
a
|
1
1
|
-
Peserta didik dapat menulis surat dan menggunakan EYD yang tepat.
|
35. Salam penutup pada surat ditulis dengan huruf
kapital pada awal katanya, dan diikuti dengan ….
|
ISIAN
|
35
|
Tanda
koma
|
1
|
|||
|
Mengetahui
Pembina Soal
ANDI DARNAWATI, S. Pd
NIP : 19711028 199803 2 011
|
|
Watampone, ……………………………… 2016
Pembuat Soal
ANDI SIMPURU, S. Pd
NIP: 19661231 198611 2 027
|
No comments:
Post a Comment